Berita 

Facebook Re-design

Facebook Re-design

Posted by
Rama Mamuaya

March 6, 2009

Facebook kemarin mengumumkan akan adanya perubahan tampilan pada homepage, profile page, dan stream activity. Dari screenshot yang dirilis Facebook, bisa langsung terlihat layout activity stream vertikal yang mirip seperti Twitter atau Friendfeed. Interpretasi inilah yang kemudian menarik banyak pihak menarik kesimpulan bahwa Facebook ingin membawa Twitter-experience ke Facebook. Sistem lifestream Twitter yang berputar sangat cepat dalam hitungan detik ini rupanya menarik perhatian Facebook dan ingin mengimplementasikan hal yang serupa di Facebook. Kalau di Twitter ada tag question “What are you doing?“, di Koprol ada “What’s happening over there?“, maka sekarang di Facebook digunakan “What’s on your mind?“. Saya bukan ahli design, tapi tak bisa disangkal ada banyak sekali kemiripan antara design Facebook yang baru dengan Twitter, dan Friendfeed.

Banyak pihak juga yang meng-highlight kegagalan Facebook mengakuisisi Twitter dan keputusasaan itu tertuang jelas di design Facebook yang baru. Message Broadcasting yang sangat diunggulkan di Twitter sekarang akan diujicobakan di Facebook, apakah kira-kira bisa terimplementasi dengan baik? Karena sejauh pengamatan saya, pengguna Facebook banyak yang tidak tertarik menggunakan Twitter karena hanya terbatas di fitur status updates saja. Apa yang terjadi ketika Facebook mulai memfokuskan pada konten feed dan lifestream? Satu ha yang pasti, mengubah kebiasaan pengguna merupakan hal yang hampir mustahil. Pengguna ada ujung tombok yang akan mengubah penyedia layanan, bukan sebaliknya.

Diluar dari sisi design, Facebook juga dikabarkan akan menghapus batasan 5000 teman untuk tiap anggota meskipun terdengar rumor bahwa batasan itu tetap ada namun bertambah menjadi 25.000 orang. Meskipun begitu, rumor ini belum dapat dikonfirmasi.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×