1. Startup

Facebook Makin Bergantung pada Mobile, Pendapatan Iklan Mobile Naik Menjadi 41%

Di sela-sela pengumuman laporan keuangan kuartal kedua 2013, Facebook menunjukkan bahwa ranah mobile bakal terus mendominasi layanan ini di masa mendatang. Dari 1,1 miliar pengguna aktif yang mengakses Facebook setiap bulannya, 819 juta di antaranya mengakses layanan jejaring sosial ini melalui perangkat mobile. Selain itu, Facebook juga membuktikan bahwa pihaknya mampu memonetisasi area ini, di mana pendapatan dari iklan mobile naik menjadi 41% dari total pendapatan perusahaan yang berbasis di Menlo Park yang mencapai $1.81 miliar. Di kuartal sebelumnya, pendapatan iklan mobile tercatat 30%.

Keberhasilan Facebook meningkatkan pendapatannya untuk area mobile menepis anggapan bahwa akses via mobile lebih sulit dimonetisasi. Dengan pertumbuhan Facebook yang sekarang berpusat di kawasan negara berkembang, di mana banyak di antaranya mengakses Facebook hanya melalui perangkat mobile, tren seperti ini bakal terus berlanjut. Meskipun demikian, ini bukan berarti pendapatan terbesar berasal dari Asia dan negara-negara berkembang lainnya.

Seperti dikutip dari TechCrunch, terlihat bahwa rata-rata pendapatan (yang diperoleh) dari setiap pengguna (ARPU - Average Revenue Per User) secara total adalah $1,41. Rata-rata pendapatan terbesar berasal dari kawasan Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) yang menghasilkan rataan $4,32. Baik kawasan Asia maupun kawasan lain di dunia (Rest of World) menyumbang kurang dari $1 untuk setiap penggunanya.

Kehadiran iklan di News Feed merupakan kunci utama keberhasilan ini. Seperti yang disebutkan oleh CFO David Ebersman kepada AllThingsD, "Hal yang dicerminkan kuartal ini kepada kita semua adalah iklan di News Feed bekerja (dengan baik). Mereka memberikan hasil yang memuaskan untuk para pengiklan kami."

Saat ini setiap kali kita mengakses timeline Facebook, terutama melalui mobile, pasti bakal ditemui sejumlah promosi yang muncul di sela-sela update status teman-teman kita. Mungkin iklan yang tertampil kadang dirasa cukup mengganggu, tetapi faktanya iklan ini dianggap bekerja dengan baik. Ini bisa menjadi acuan bagi layanan lokal yang menginginkan exposure iklan mobile yang lebih signifikan.

Saham Facebook ditutup menguat 1.45% di harga $26.51 setelah pengumuman laporan keuangan ini.

[Foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again