1. Startup

Facebook For Every Phone Mencapai 100 Juta Pengguna Tiap Bulannya

Di tengah gempuran produk-produk smartphone maha canggih yang terus bermunculan, Facebook sebagai salah satu penggagas social media terbesar di dunia ternyata masih tak melupakan pengguna feature phone. Hal ini dibuktikan lewat rilisan resmi Facebook yang menyatakan Facebook yang hadir untuk feature phone tersebut yang mengumumkan bahwa Facebook for Every Phone telah melampaui 100 juta pengguna setiap bulannya yang tersebar di seluruh dunia.

Melalui rilisan resminya, Facebook mengumumkan layanannya tersebut telah mencapai 100 juta pengguna tiap bulannya yang tersebar di seluruh wilayah di dunia – khususnya pada negara-negara berkembang seperti India, Filipina, dan juga Indonesia.

Hal ini dianggap Facebook sebagai sebuah pencapaian yang sukses dalam menghadirkan layanan berjejaring sosial a la Facebook bagi seluruh kalangan pengguna, terlebih bagi pengguna feature phone tersebut. “Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat penting bagi kami. Misi Facebook adalah ingin membuat seluruh dunia lebih terbuka dan terhubung satu sama lain, dan Facebook for Every Phone memungkinkan seluruh orang di dunia terhubung ke setiap orang dan hal yang mereka sayangi, tidak peduli jenis perangkat mobile apa yang mereka gunakan.” Keterangan Ran Makavy – Growth Manager Facebook dalam laman rilisan newsroom Facebook hari ini.

Menurutnya, saat ini jutaan orang khususnya di negara-negara berkembang tersebut mengandalkan Facebook for Every Phone sebagai upaya untuk terhubung langsung dengan layanan Facebook tanpa harus membeli perangkat smartphone yang tentu harganya tidak murah.

Memang, Facebook for Every Phone tersebut tidak hanya menghadirkan layanan Facebook secara simple dan mudah, namun juga dapat dinikmati di lebih dari 3000 perangkat feature phone yang harganya sangat murah. “Perangkat feature phone tersebut dapat diperoleh dengan harga yang paling murah setidaknya sekitar USD 20.” Tambahnya.

Kemampuan dari aplikasi yang ditawarkan oleh Facebook ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti halnya mengakses Facebook dari aplikasi khusus smartphone. Dapat ditemui juga fitur-fitur seperti News Feed, Messenger, dan bahkan berbagi foto. Selain itu juga dihadirkan pula fitur membuat akun baru dan fitur menccari teman sebagai bagian melengkapi pengalaman penuh bagi seluruh pengguna.

Fitur ini diklaim Facebook sebagai pengalaman berjejaring sosial yang dioptimalkan secara penuh untuk dapat digunakan dengan penggunaan jumlah data yang lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi berbasis Java dan mobile site seperti sebelumnya. Facebook dalam hal ini juga bekerjasama dengan berbagai carrier di seluruh dunia untuk menawarkan akses data gratis dan promosi lainnya.

Dikembangkan dengan hasil kerjasamanya antara penyedia mobile platform Snaptu, dalam dua tahun terakhir ‘Facebook for Every Phone’  dinilai telah sukses merangsek ke jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet terbatas namun tetap dapat terhubung dan berbagi satu sama lain.

Pengguna feature phone masih menjadi jumlah terbesar dari seluruh pengguna perangkat mobile, khususnya di Indonesia, maka dari itu  pengguna feature phone juga dianggap sebagai “market” dalam berbagai pengembangan industri mobile.

Sebelumnya kami sempat melaporkan mengenai salah satu situs properti di Indonesia yang tetap menyasar pengguna feature phone karena melihat pasar yang masih cukup besar di segmen tersebut. Maka tak aneh jika Facebook sampai hari ini masih meng-“apresiasi” pengguna perangkat tersebut karena jumlahnya yang masih melampaui jumlah pengguna smartphone, khususnya di negara-negara berkembang.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again