Berita 

Facebook for BlackBerry 2.0 Diluncurkan Hari Ini

Facebook for BlackBerry 2.0 Diluncurkan Hari Ini

Posted by
Amir Karimuddin

July 26, 2011

Sudah lama berada di Beta Zone, akhirnya Facebook for BlackBerry 2.0 bakal diluncurkan secara resmi via App World per hari ini, 26 Juli waktu setempat — kemungkinan malam/dini hari waktu Indonesia. Facebook for BlackBerry 2.0 mencakup pembaruan major terkait dengan tampilan dan fitur. Research in Motion telah memberikan versi beta Facebook for BlackBerry 2.0 di Beta Zone sejak bulan Maret lalu untuk mendapatkan update dari para tester.

Dikutip dari N4BB, termasuk dalam pembaruan ini adalah ketersediaan Facebook Chat untuk berbicara dengan pengguna Facebook yang lain, UI yang baru dengan gaya standar Facebook [yang mengacu pada desain Facebook for iPhone] dan notification bar yang mengacu pada desain BlackBerry 6, dan dukungan dengan konektivitas Wi-Fi.

Selain itu versi terbaru ini juga memiliki integrasi yang lebih dalam dengan Core Application BlackBerry, di mana Anda bisa mengintegrasikan informasi di Facebook dengan message list, contacts, calendar, BlackBerry browser, dan dengan BBM — ini harus menggunakan BBM 6.0 yang terbaru. Yang terakhir adalah notifikasi yang di-redefinisi, yaitu menambahkan notifikasi yang tidak ada di push technology BlackBerry, yaitu Likes dan Event Wall post.

Facebook for BlackBerry dikembangkan oleh engineer Research in Motion dengan supervisi Facebook. Sebelumnya saya sempat mencobai Facebook for BlackBerry 2.0 versi-versi awal dan nampaknya cukup sering saya jumpai memory drain, apalagi dengan keterbatasan RAM yang dimiliki oleh handset testing ini. Semoga versi finalnya sudah mampu mengatasi permasalahan ini.

Belum jelas soal spesifikasi minimal penggunaan aplikasi ini tapi jika saya boleh sarankan, sebaiknya Anda menggunakan handset BlackBerry 6 dengan RAM minimal 256 MB supaya mendapatkan experience yang optimal. Saya sendiri memastikan bahwa aplikasi ini berjalan jika dicoba di OS5 dengan RAM hanya 128MB.

Peluncuran ini menandai sempurnanya perubahan interface Facebook untuk mobile [di berbagai platform] menjadi berbasiskan Facebook for iPhone yang dirancang oleh Joe Hewitt. Sebelumnya Facebook telah meluncurkan versi Java yang membantu pengguna untuk mengakses aplikasi jejaring sosial terpopuler ini dari berbagai feature phones. Facebook untuk BlackBerry merupakan salah satu fitur penting, terutama di Indonesia, karena banyak saya temui orang-orang yang menggunakan BlackBerry dengan alasan ketersediaan aplikasi Facebook di dalamnya.

Update: kini Facebook versi 2.0.0.37 sudah tersedia di BlackBerry App World.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×