• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Facebook Community Pages untuk Unofficial Pages

Facebook Community Pages untuk Unofficial Pages

Posted by
Wiku Baskoro

April 5, 2010

Facebook meluncurkan Community Page . Tapi sebelum membahas apa itu Community Page, saya harus bilang bahwa saya setuju dengan apa yang ditulis Mashable, bahwa fitur baru ini bisa saja malah membingungkan user, sudah ada Fan Pages (Official Page), Groups, dan kini Facebook memunculkan Community Page.

Fan Page, Group dan Community Pages memiliki kemiripan, dan mungkin tidak akan terlalu membingungkan bagi para pemilik brand, misalnya Fan Page diperuntukkan bagi pemilik brand untuk berkomunikasi pada user mereka yang tertarik atau merasa terikat dengan brand dan diurus secara resmi oleh brand, sedangkan Groups untuk mewadahi komunitas, tetapi bagi user penambahan Community Pages oleh Facebook, bisa jadi malah akan membingungkan dan membuat user tidak bisa membedakan fungsi dari masing-masing fitur.

Jika dilihat dari halaman create page dari Facebok bisa jadi kita malah lebih bingung lagi untuk membedakan apa itu Community Page dan apa itu Groups, pembedanya hanya terletak pada kategori kesamaan interest atau hobby untuk Group dan sedangkan Community Page lebih mengarah ke page yang dimiliki oleh brand atau perusahaan yang berdasarkan pada topik tertentu atau favorite cause.

Community Page sepertinya memang di luncurkan untuk memanjakan brand, yang merupakan salah satu target bisnis dari Facebook, Community Page ini diperuntukkan bagi pemilik brand yang merasa ‘terganggu’ dengan bermuculannya page atau group yang mengatasnamakan brand tertentu padahal mereka sama sekali tidak memiliki autorisasi khusus dari pemilik brand tersebut. Intinya pemilik merek tidak ingin kehilangan kontrol atas basis user mereka, dan ingin tetap mempunyai channel khusus atau page yang bisa terkontrol, baik itu jalur informasi atas brand, program-program atau berbagai up-date yang ingin disampaikan pada user mereka.

Maka untuk membedakan mana pages yang benar-benar dimiliki oleh brand tertentu dan official, pemilik brand bisa membuat Fan Pages sedangkan untuk yang unofficial pages yang biasanya diisi oleh user atau mereka yang tertarik dengan brand tertentu mereka bisa membuat Comunnity Page, seperti yang ditulis Mashable, Official Page bisa digunakan para pelaku bisnis, band serta publik figur untuk merepresentasikan diri mereka secara resmi, dan untuk memberikan ruang user Facebook yang memiliki antusiasme serta ingin mengekspresikan kreativitas mereka atas brand tertentu disalurkan lewat Communitty Pages.

Dengan berbagai fitur yang tampaknya sama, saya sendiri agak ragu apakah ini salah satu artikel April Fool buatan Facebook atau bukan, karena di posting tanggal 1 April, tapi beberapa situs teknologi termasuk AllFacebook dan VentureBeat mengkonfirmasi bahwa ini bukan posting becandaan awal bulan April.

Ketika saya mencoba untuk membuat Group dan Community Page, saya sendiri tidak melihat perbedaan yang mencolok, terutama dari tampilan Group atau Community Pages itu setelah dibuat. Jika anda penasaran, bisa mencobanya sendiri di link ini.

Bagaimana dengan pendapat anda, apakah Community Page ini berguna untuk memisahkan mana yang official mana yang tidak? Atau justru akan membingungkan user Facebook sendiri yang notabene adalah sasaran komunitas yang ingin digapai oleh pemilik brand. Jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×