Berita 

Facebook Akuisisi Beluga

Facebook Akuisisi Beluga

Posted by
Wiku Baskoro

March 2, 2011

Facebook diberitakan telah mengakuisisi Beluga, sebuah layanan group messaging yang bisa digunakan di ponsel. Jumlah angka akuisisi tidak disebutkan, namun akuisisi yang dilakukan tidak hanya akan menempatkan tim Beluga yang terdiri dari 3 orang ke Facebook tetapi juga akuisisi layanan Beluga itu sendiri, setidaknya layanan Beluga akan bisa tetap digunakan, sampai pemberitahuan berikutnya.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, Facebook secara remsi telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengakuisisi Beluga dan mengatakan bahwa layanan Beluga merupakan aplikasi mobile yang sederhana dan elegan, Facebook juga cukup bersemangat dengan akuisisi ini dan menanti perkembangan yang akan dilakukan oleh para co-founder Beluga (Ben Davenport, Lucy Zhang dan Jonathan Perlow) atas visi mereka tentang komunikasi grup dan komunikasi di perangkat bergerak setelah bergabung dengan Facebook.

Beluga juga sudah mengumumkan rilis resmi atas akuisisi ini pada situs mereka, kesamaan visi dari para co-founder Beluga dan Facebook sepertinya menjadi salah satu alasan akuisisi ini, selain jumlah angka akuisisi yang sepertinya cocok dan menarik untuk diterima.

Facebook dan Beluga akan mengembangkan cara berkomunikasi dan berbagi secara grup yang baru dan lebih baik. Beluga juga menjelaskan bahwa sampai saat ini layanan mereka akan tetap tersedia seperti biasa, akun dan data dari para pengguna tidak akan hilang, namun mereka juga mengatakan akan merilis berita yang lebih detail untuk perkembangan layanan mereka dalam beberapa minggu ke depan.

Saya sendiri tahu layanan Beluga dari teman saya, meski belum sempat menggunakan (baru sempat mengunduh dari App Store) layanan ini, secara sederhana memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan secara langsung pada anggota grup, baik itu pesan teks, foto atau info lokasi, jadi satu pesan bisa langsung sampai ke pengguna lain yang menjadi anggota grup tersebut, semacam BBM untuk pengguna iPhone dan Android. Beluga tersedia bagi pengguna iPhone dan Android, namun pengguna lain juga bisa menggunakan layanan ini dengan membuat pod langsung dari mobile atau desktop browser.

Facebook sendiri cukup banyak melakukan berbagai pembaruan dan penambahan fitur yang berhubungan dengan percakapan antara pengguna, pesan dan grup. Baru-baru ini, meski tidak berhubungan langsung dengan percakapan antara pengguna, Facebook juga merilis secara luas fasilitas sistem komentar mereka yang bisa digunakan di blog sebagai sistem komentar. Dan akusisi ini tentunya akan menambah kemungkinan fasilitas yang akan dikembangkan Facebook berhubungan dengan perangkat bergerak, percakapan, pesan dan fasilitas grup.

Mari kita lihat, pembaruan apa yang akan terjadi dengan akusisi Beluga ini, apakah Facebook akan tetap mempertahankan Beluga atau menutupnya, dan bagaimana strategi Facebook untuk menyatukan teknologi yang dimiliki Beluga pada layanan pesan dan percakapan Facebook.

Sumber TechCrunch.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×