• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Event 

Event Review: MindTalk AppsDay 2012 Chapter Yogyakarta

Event Review: MindTalk AppsDay 2012 Chapter Yogyakarta

Posted by
Bonang Setoaji

April 16, 2012

Sekitar seminggu yang lalu, Mindtalk – sebuah tool social networking (lebih tepat disebut social chanel) buatan lokal telah mengadakan sebuah kompetisi (hackathon) di Yogyakarta, yang dimana para peserta yang kesemuanya adalah developer ini diharuskan membangun sebuah aplikasi menggunakan platform dan API Mindtalk. Kompetisi ini bernama MindTalk AppsDay 2012.

Mindtalk AppsDay 2012 chapter Yogyakarta sendiri diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 April 2012 yang lalu dan bertempat di University Club Universitas Gadjah Mada. Antusiasme peserta cukup seru, dimana terdapat sekitar 32 developer yang mendaftar hackathon ini dan menghasilkan sekitar 12 aplikasi maupun game yang menggunakan platform dan API MindTalk, termasuk aplikasi Blibli.com.

Berikut daftar beberapa aplikasi buatan developer Yogyakarta yang melakukan presentasi dan demo aplikasi mereka :

  • Rifqi Alfian – Pilih Mana (kategori Blibli)
  • Augusta Bogie – Blibli mobile apps on iPad
  • Tedi Fibri – PhotoTalk
  • Didiet Noor – Library untuk mengakses MindTalk API
  • Omar – Quick and Easy Posting on MindTalk
  • Dewanto – Game “Ship Bumb” (kategori game)
  • Adhi Wicaksono dan Banu Melody – Auction (kategori Blibli)
  • Erlangga Wijaya dkk – Mindtalk on WP7
  • Ikhsan Hasan aka Labroo – Simple 4Shared Player
  • Arif – Game “Perang Bintang” (kategori game)

Dan dua buah game yang tidak mengikuti presentasi yaitu:

  • Soybeansoft – Game “Hunter Story” (kategori game)
  • Soybeansoft – Game “Skyfire” (kategori game)

Di Yogyakarta sendiri, hackathon semacam Mindtalk AppsDay 2012 sendiri sangat sering diadakan dan banyak developer dari kota ini yang memilik antusiasme tinggi terhadap kompetisi hackathon ini. Dan pada setiap hackathon yang diadakan oleh beberapa brand seperti Nokia, Blaast, dsb yang bekerjasama dengan komunitas di Yogyakarta seperti Bancakan 2.0 atau yang lainnya, terlihat bahwa kota ini sangat memiliki talenta developer yang tinggi dan sangat berkualitas.

Dari hackathon tersebut muncul banyak ide-ide yang sangat menarik dan layak untuk dieksekusi lebih lanjut. Saya sendiri yakin, bahwa kota-kota yang jauh dari Jakarta (daerah) seperti Yogyakarta, Malang, dsb, memiliki talenta-talenta yang lebih hebat dan kuat dibandingkan dengan Jakarta.

Sedikit berbicara sebagai mahasiswa jurusan TI. Sejujurnya, hackathon seperti Mindtalk Apps Day 2012 sangat menarik untuk diikuti. Selain melatih skill dalam hal coding untuk men-develop sebuah aplikasi maupun game, event semacam ini juga dapat mendatangkan pengalaman yang bermanfaat bagi para mahasiswa tersebut. Alangkah baiknya, untuk kedepannya ada semacam roadshow di kampus-kampus yang unggul dibidang TI, sekaligus itu adalah saran dan komentar saya tentang Mindtalk Apps Day 2012 ini.

Kami juga berkesempatan mendokumentasi video pada saat presentasi pada saat hackathon berlangsung. Berikut video dan foto pada saat suasana berlangsung :

Disclosure: Dailysocial adalah media partner dari acara ini dan penulis sendiri aktif di komunitas Bancakan 2.0. Untuk kedepannya kami akan terus mengupdate Mindtalk AppsDay 2012 chapter Malang.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×