1. Startup

eBay Tingkatkan Kepemilikannya di Metra Plasa

Raksasa digital e-commerce eBay bakal meningkatkan kepemilikannya di Metra Plasa yang saat ini mengelola Blanja. Komposisi saham Metra Plasa yang saat ini adalah 40% eBay dan 60% Telkom akan berubah menjadi 49% eBay dan 51% Telkom. Joint venture eBay dan Telkom ini dimulai tahun 2012, dengan eBay menyuntikkan dana $9,2 juta untuk menyelamatkan Metra Plasa.

Blanja telah diluncurkan kemarin dan Telkomsel adalah anak perusahaan yang memimpin peluncuran ini. Layanan e-commerce ini telah memiliki 1 juta produk terdaftar, 600 penjual, dan 50.000 pengunjung per hari.

Plt Direktur Utama Telkom Indra Utoyo, seperti dikutip dari Berita Satu, menyatakan, "eBay bisa menambah menjadi 49 persen. Mereka juga punya opsi untuk menjadi mayoritas. Ada tahapan menuju ke sana, mereka inginnya cepat. Tapi saya belum bisa disclose."

Masih dari sumber yang sama, Indra mengungkapkan, "Saat ini kontribusi bisnis e-commerce ke pendapatan (Telkom) masih kecil. Kami perkirakan bisa kontribusinya bisa mencapai 10 persen dalam waktu dua sampai tiga tahun lagi.”

Melihat gelagatnya, Blanja akan dijadikan kendaraan eBay untuk secara aktif berkompetisi di pasar e-commerce Indonesia yang terus bertumbuh. Selama sejarah bisnis eBay, perusahaan ini baru dua kali melakukan akuisisi di Asia, yaitu di Korea Selatan dan India. Data eMarketer menunjukkan pertumbuhan e-commerce B2C di Indonesia tahun 2014 diperkirakan mencapai 45.1% dan akan terus berada di atas 20% hingga tiga tahun mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again