Berita 

Durasi Maksimal Video di YouTube Kini Menjadi 15 Menit

Durasi Maksimal Video di YouTube Kini Menjadi 15 Menit

Posted by
Wiku Baskoro

July 30, 2010

Andy Warhol pernah berkata: “In the future, everyone will be world-famous for 15 minutes”, well, meski tidak ada hubungan secara langsung namun frasa ’15 minutes in fame’ ini menjadi salah satu tagline program terbaru dari YouTube dalam rangka meluncurkan fasilitas baru, dinama YouTube kini menambah durasi video yang bisa diunggah oleh pengguna menjadi 15 menit.

Sebelumnya, bagi pengguna yang tidak tergabung dalam YouTube Partner Program hanya bisa mengunggah video dengan durasi maksimal 10 menit. Dan seperti yang dituliskan di blog YouTube, banyak dari pengguna yang meminta YouTube untuk menambah durasi video yang bisa diunggah agar lebih lama.

Kini pengguna umum diberikan fasilitas itu dan sudah bisa menambah durasi video yang diunggah dengan durasi maksimal sampai 15 menit. Dan seperti yang dijelaskan diatas, dalam rangka memperkenalkan fasilitas baru ini YouTube juga mengadakan program dimana mereka mengajak pengguna untuk mengunggah video berdurasi 15 menit lalu memberi tag pada video itu dengan ‘ty15minutes’, unggah sampai tanggal 4 Agustus 2010, dan nantinya YouTube akan memilih video untuk ditempatkan di homepage YouTube dan menjadikan pengguna tersebut untuk mendapatkan kesempatan ’15 minutes of fame’.

YouTube juga memberikan penjelasan mengenai alasan fasilitas unggah video yang lebih lama ini baru diberikan saat ini. Seperti yang dijelaskan di blog mereka, YouTube selama ini mengembangkan sebuah sistem bernama Content ID serta berbagai alat lain untuk mendeteksi berbagai hal yang berkaitan dengan permasalahan hak cipta.

YouTube bekerjasama dengan partner mereka untuk melakukan semacam pengumpulan data untuk mendeteksi konten yang memiliki hak cipta, karena salah satu alasan tentang pembatasan durasi selama 10 menit berkaitan dengan hak cipta. Dan dengan kesuksesan usaha dalam mengembangkan Content ID ini maka YouTube kini bisa memberikan fasilitas penambahan durasi unggahan video bagi pengguna mereka.

Content ID bisa mendeteksi jika video atau konten yang Anda unggah mengandung atau melanggar hak cipta orang lain. Sebagai contoh, saya dan teman saya pernah mengunggah sebuh video dengan menggunakan lagu tertentu yang bukan milik kami, secara otomatis, YouTube mendeteksi muatan lagu di video tersebut, yang menjadikan video itu tidak bisa diunggah karena mengandung konten yang  bisa melanggar hak cipta orang lain atau pemilik lagu tersebut. Anda bisa melihat keterangan lengkap tentang Content ID atau jika Anda juga bisa mengikuti program ini dengan mendaftar pada tautan ini.

Anda tertarik untuk menjadi terkenal dalam waktu tidak lebih dari 15 menit, atau mungkin Anda terinspirasi ‘Keong-Racun’ yang lagi hit (kembali) akhir-akhir ini, well, kalau begitu siapkan video 15 menit Anda dan ikuti program ‘ty15minutes’ dari YouTube.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×