• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita  Event 

Dua Pengembang Indonesia Jadi Pemenang di Kontes Global Nokia ‘Create for Millions’

Dua Pengembang Indonesia Jadi Pemenang di Kontes Global Nokia ‘Create for Millions’

Posted by
Wiku Baskoro

February 28, 2012

Nokia tidak hanya mengumumkan jajaran ponsel terbaru mereka di acara Mobile World Congress (MWC) di Barcelona hari kemarin, tetapi ada satu pengumuman pemenang lomba yang berkaitan dengan pengembang asal Indonesia.

Dalam acara MWC tersebut, Nokia juga mengumumkan pemenang dari kontes Global Create for Millions yang diadakan oleh Nokia dan dari daftar para pemenang ada dua pengembang asal Indonesia yang menjadi pemenang di dua kategori berbeda.

Dua pengembang tersebut adalah Mico Wendy dengan aplikasi Baby Write Number dan Kemas Dimas Ramanditya dengan aplikasi TransJakarta S40.

Ada 3 finalis sebenarnya yang berasal dari Indonesia dalam kontes global ini, namun sayang, sepertinya Agate Studio dengan game Urban Fatburner Macho! dikalahkan oleh pengembang lain.

Kompetisi Create for Millions ini juga sebelumnya diadakan untuk skala lokal, waktu itu ada empat pemenang yang diumumkan di acara Startuplokal, kebetulan saya sendiri sempat diajak untuk membantu melakukan seleksi final dari kiriman aplikasi yang dikirimkan para pengembang. Empat aplikasi itu antara lain Toresto, Komodo Park dan dua aplikasi lagi adalah yang akhirnya menjadi pemenang di skala global, yaitu Baby Write Number dan TransJakarta S40.

Sangat menarik melihat akhirnya dua aplikasi asal Indonesia bisa menjadi pemenang, apalagi bagi saya sendiri, ternyata dua aplikasi yang menjadi pemenang skala global adalah sama dengan aplikasi yang saya pilih ketika ikut membantu melakukan seleksi untuk skala lokal. Beberapa alasan saya waktu itu adalah kegunaan, untuk aplikasi TransJakarta S40, meski tampilannya sederhana (mungkin sudah diperbaiki untuk kontes global) namun informasi yang diberikan sangat membantu dan sangat lokal, apalagi aplikasi yang ada (web apps) ditujukan untuk ponsel menengah bawah, hampir sama juga seperti aplikasi Baby Write Number, meski aplikasi jenis ini telah ada di platform lain, saya melihat aplikasi ini tetap menarik, terutama untuk target pasar yang ingin diraih.

Dari pengumuman resmi di blog developer Nokia, para pemenang berasal dari berbagai negara, ada dari Polandia, Kolombia, U.K., Jerman, Kenya, Finland, Egypt dan U.S.. 10 pemenang utama dari empat kategori akan mendapatkan hadiah uang tunai, dan bagi tiga pemenang utama dari setiap kategori akan mendapatkan masing-masing 50.000 euro. Aplikasi para pemenang juga nantinya akan dipromosikan secara Global di berbagai saluran yang dimiliki Nokia: online, media sosial, newsletters dan lainnya. Pemenang utama dari setiap kategori juga akan mendapatkan konsultasi UX dari Nokia dan dukungan dari agensi desain ternama untuk membuat spotlight banners.

Aplikasi yang dikirimkan dalam kontes global ini hadir dari 61 negara seluruh dunia, dengan sebagian besar berasal dari wilayah APAC (61%), EMEA (33%), dan Americas (6%). 10 negara yang paling banyak memberikan submisi aplikasi adalah India – 353 aplikasi, Indonesia – 149 aplikasi, Kenya – 70 aplikasi, Vietnam – 56 aplikasi, Jerman – 54 aplikasi, Filipina – 47 aplikasi, Denmark – 47 aplikasi, Malaysia – 46 aplikasi, Singapura – 37 aplikasi, Brazil – 34 aplikasi. Dan Indonesia menjadi ‘penyetor’ aplikasi kedua terbanyak.

Nokia juga menyebutkan bahwa hasil dari kontes ini sesuai dengan strategi Nokia dalam mengidentifikasi konten lokal yang relevan bagi para pengguna, selain itu unduhan dari Nokia Store dengan menggunakan ponsel Nokia Series 40 mencapai lebih dari 30% dari total unduhan di Nokia Store, pengembangan untuk perangkat ini juga telah didukung dengan fasilitas In-App Purchase dan In-App Advertising.

Selamat pada pemenang, khususnya untuk pemenang dari Indonesia. Semoga aplikasinya terus diminati oleh para pengguna sesuai dengan target market yang ingin diraih. Untuk aplikasi Baby Write Number bisa didapatkan di tautan ini, dan TransJakarta S40 di sini.

Berikut daftar pemenang dari setiap kategori, termasuk pemenang untuk hadiah khusus.

Access to Knowledge:

  1. Baby Write Number oleh Mico Wendy, Indonesia
  2. myQR.Card oleh Damian Dominiak, Polandia
  3. YouTube Teletext oleh David Bello, Kolombia

Emotional Closeness:

  1. I’m Feeling..! oleh Mohammed Diab, Egypt
  2. Soundtracker Radio, oleh Daniele Calabrese, United States
  3. qeep, oleh Stefanie Merten, Jerman

Fun and Games:

  1. Sushi Loop oleh Kosti Rytkönen, Finlandia
  2. Sandbox oleh Alexander Fürgut, Jerman
  3. Crash Test Dummies 2 oleh Ledicia Perez, United Kingdom

In the Know:

  1. AroundMe oleh James Mwai, Kenya
  2. HeatMap oleh David Bello, Kolombia
  3. TransJakarta S40 oleh Kemas Dimas Ramanditya, Indonesia

Hadiah khusus diberikan untuk aplikasi yang menawarkan fitur sentuh terbaik, apikasi berbasis lokasi, serta best overall untuk aplikasi web Series 40.

  • Best Series 40 Location-based App: Locago, dikirimkan oleh Patric Nordström dari Swedia.
  • Best Series 40 Touch-based App: Sandbox, dikirimkan oleh Alexander Fürgut dari Jerman.
  • Best Series 40 Web App (Tie – prize money will be split): AroundMe oleh James Mwai dari Kenya; dan HeatMapoleh David Bello dari Kolombia.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×