Opini 

Doocu: Aplikasi Lokal Untuk Upload-Convert-Share

Doocu: Aplikasi Lokal Untuk Upload-Convert-Share

Posted by
Wiku Baskoro

December 24, 2009

doocuAplikasi ini adalah buatan anak negeri sendiri, berbasis di Jogjakarta Doocu hadir untuk memberikan layanan bagi mereka yang menginginkan untuk mengupload dan menshare file mereka di internet.

Doocu secara sederhana adalah sebuah situs yang menyediakan layanan penyimpanan file, mengaturnya dengan mengelompokkan pada tema-tema tertentu dan membagikannya pada social networking user. File yang memungkinkan untuk di upload adalah file berjenis JPEG, TXT dan PDF juga DOC, dan GIF.

Setelah login, dengan cara mengisis formulir yang tersedia, untungnya tidak rumit dan hanya 4 kolom yang mesti diisi, anda langsung bisa mengupload file yang anda inginkan. Mengorganizenya sesuai dengan preferensi anda. Meskipun produk buatan anak negeri, tapi sepertinya web apps ini ditujukan untuk user dari seluruh dunia, atau yang memakai bahasa resmi Inggris, selain terlihat dari bahasa yang dipilih, yang kesemua penjelasan aplikasi berbahasa Inggris, instruksi serta layout aplikasi mengharuskan anda untuk mengulik sendiri bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi ini secara mahir, meski tutorial disediakan lewat link FAQ, tapi saya kira user Indonesia akan sedikit kebingungan dengan tutorial yang ada, mengingat user kita kan termasuk paling rewel dan tidak mau susah, kecuali Docuu memang diperuntukkan untuk para internet savvy user.

Desain dan layout situs ini memang sangat sederhana, dominasi satu warna dengan bar pilihan-pilihan aplikasi mudah terlihat dan dikelompokkan dengan cukup baik. Aplikasi upload PDF ini juga menyediakan dua pilihan bila anda ingin melihat tampilan hasil upload anda, download dan readonline.

So, what make it’s special? Menurut saya tidak ada, hampir semua aplikasi yang ada adalah aplikasi standar untuk aplikasi berbasis upload, memang disediakan fungsi tambahan seperti membuat group, memberi rating, bookmark, coment serta inbox yang mengumpulkan pesan-pesan yang keluar atau masuk dari akun anda. Tapi itu semua sepertinya adalah fasilitas basic yang memang sudah harus ada di aplikasi seperti ini selain itu jika jejaring adalah sebuah kelebihan, maka jumlah user adalah sebuah keharusan, jejaring tanpa user yang banyak akan tidak berarti, dan jumlah upload file di Doocu masih sedikit, selain itu, kualitas konten file yang di upload pun tentu akan memberikan peran yang besar dalam meningkatkan jumlah user.

Misalnya Scribd yang cukup populer untuk aplikasi share konten PDF, menjadi menarik karena konten yang ada disana pun memang diperlukan dan tentu saja menarik, belum lagi fasilitas upload share umum (semua genre file) seperti Rapidshare lebih akrab digunakan.

Satu hal yang paling membedakan adalah ini produk startup lokal, meski seharusnya kondisi ini bisa menjadi sebuah kelebihan tersendiri, data perilaku konsumen lokal yang relatif lebih mudah didapat, bisa menjadi bahan data untuk mengembangkan Doocu yang memang masih dalam versi alpha, kecuali (lagi-lagi) jika Doocu memang dipertuntukkan bagi user global, mereka harus siap bersaing dengan aplikasi-aplikasi global lainnya.

Yang pasti, saya mulai menggunakan faslitas ini, salah satunya karena ini produk lokal. :) Tentu, sambil menunggu rilis versi resmi yang, semoga saja lebih baik dan bertambah, konten hasil uploadnya.

Bagaiman pendapat anda? Ayo beri masukkan untuk startup ini agar jadi lebih baik.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×