1. Startup

Rambah Industri Properti, Doku Jadi Alat Bayar Online Untuk Pemesanan Unit Apartemen

Sebagai penyelenggara jasa pembayaran online, berada hanya di satu titik jenis layanan tentu tak sesuai dengan semangat less cash yang semestinya keberadaan jasa pembayaran ini dibangun untuk bisa dinikmati di mana saja. Solusi yang ditawarkan mesti mengakar dan masuk ke segala aspek kebutuhan hidup. Hal inilah yang mungkin kemudian mendasari Doku untuk kembali mencanangkan kerja sama terbarunya yang kali ini, Doku mulai merambah ke industri properti.

Sebelumnya, Doku telah melakukan langkah yang cukup besar. Dengan menggandeng Kemenkumham, sebagai startup Doku berani tampil menawarkan jasa pembayaran dokumen paspor dan visa untuk warga asing melalui platform yang dimiliki. Melanjutkan langkah besar tersebut, Doku kini resmi menjalin kemitraan terbarunya dengan Synthesis Development, sebuah perusahaan pengembang properti dibalik pembangunan apartemen subsidi pemerintah, Bassura City.

Dalam siaran pers yang kami terima, latar belakang kerja sama antar keduanya terjalin cukup sederhana. Untuk menjaring pasar yang sesuai dengan tren terkini, Synthesis Development merasa perlu melakukan pendekatan dengan media internet.

Dengan diawali oleh pembuatan website a la e-commerce secara terpadu, Synthesis Development rupanya membuka kesempatan bagi para calon pembeli unit apartemennya untuk bisa melakukan reservasi secara online dari mulai pemilihan unit sampai pembayaran. Alhasil, Doku terpilih menjadi penyedia jasa pembayaran online untuk kebutuhan tersebut.

“Website akan menjadi salah satu kanal penjualan apartemen di masa mendatang. Saat ini, sebagian calon pembeli sudah sangat pintar untuk mengolah informasi sehingga keputusan beli mereka lebih independen,” ujar Budi Yanto Lusli, CEO Synthesis Development yang dikutip dari keterangan pers.

Tanggapan positif juga disampaikan oleh Himelda Renuat, selaku Chief Marketing Officer Doku yang berkomentar, kerja sama Doku dengan Synthesis Development merupakan pengalaman kali pertama bagi Doku dalam menyediakan solusi pembayaran online pada bisnis industri properti. Ia meyakini kehadiran Doku mampu memberi kemudahan bagi calon pembeli apartemen.

“Bassura City merupakan merchant properti pertama Doku. Melalui kerja sama ini kami berharap dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi calon pembeli ketika ingin memesan unit apartemen dan membayar biaya-biaya awal seperti booking fee,” katanya.

Selain Doku dan Synthesis Development, solusi online untuk industri properti belakangan juga dilakukan oleh salah satu bank BUMN, yang juga belum lama ini membuka keran pembayaran online untuk kebutuhan bayar sewa penghuni rumah susun Perumnas . Sebagai sebuah startup, kehadiran Doku yang mendukung sistem pembayaran online pada industri properti jelas tak hanya merupakan sebuah prestasi tersendiri, namun juga bisa menunjukkan kualitasnya sebagai startup yang mampu menyediakan solusi dan pemanfaatan yang luas. Langkah semacam ini semestinya patut pula dilanjutkan oleh banyak penyelenggara serupa.

[foto: Synthesis Development]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again