1. Startup

CekAja Targetkan Dua Juta Kunjungan Unik Per Bulan di Tahun 2015

Setelah beroperasi selama sekitar sembilan bulan, layanan pembanding produk finansial CekAja menyebutkan pihak nya telah memiliki sekitar 500 ribu unique visitor per bulan dan telah memproses 25.000 konsumen ke berbagai bank, lembaga asuransi, dan lembaga multifinance. Di bulan November mereka juga telah berekspansi ke Filipina dengan mendirikan eCompareMo. Di tahun 2015 ini, CejAja menargetkan perolehan dua juta unique visitor per bulan dengan konversi trafik yang lebih tinggi.

CekAja bisa dibilang merupakan salah satu layanan pembanding produk finansial yang paling lengkap, yang mencakup berbagai produk finansial, dari tabungan, berbagai produk kredit, produk syariah, produk asuransi, untuk individu dan UKM. CekAja juga menambah kategori layanannya dengan memberikan informasi perbandingan layanan TV kabel dan penyedia Internet di Indonesia.

Pendiri CekAja J.P. Ellis menyebutkan bahwa sepanjang 2014 bisa dikatakan sebagai periode soft launch untuk CekAja. Di periode ini Ellis mengatakan, "Trafik CekAja terus bertumbuh secara konsisten dengan peningkatan tertinggi hingga 70% MoM (month on month) dan terus melaju lebih dari 500 ribu unique visitor dengan durasi sesi rata-rata lebih dari 6 menit pada lebih dari 75% unique visitors yang berkunjung. Diharapkan, di 2015 nanti kami bisa mendapatkan 2 juta unique visitor dengan kualitas trafik yang juga tinggi."

Dari total kunjungan tersebut, CekAja telah menangani pendaftaran dan pemesanan lebih dari 25 ribu konsumen ke layanan berbagai bank, lembaga multi finance, dan asuransi. Ellis mengklaim, "Customer yang kami kirimkan juga memiliki approval rates dan metrik bisnis yang cukup kompetitif dengan agen non-digital saat ini yang lebih dulu memulai pasar. Bedanya, kami memiliki kecepatan, transparansi, dan efisiensi baik dalam segala proses yang dijalani."

Ellis juga mengungkapkan bahwa mereka telah memiliki sekitar 50 mitra dari bank, asuransi, asosiasi, dan regulator baik di Indonesia dan Filipina. Per November lalu CekAja goes regional dengan mendirikan layanan serupa dengan nama eCompareMo di Filipina.

Sepanjang tahun ini, Ellis menganggap akan lebih banyak inovasi dari bank dan asuransi, karena mereka bersaing lebih berat untuk mempertahankan pelanggan. CekAja juga terus menambah penawaran spesial sebagai bentuk kompetisi dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Penawaran spesial di sini adalah kondisi ketika CekAja bisa menawarkan produk finansial secara online dengan deal khusus dari mitra bank yang mereka miliki.

CekAja juga telah menyiapkan infrastruktur yang siap menerima e-application seandainya mitra bank-nya sudah siap dengan proses seperti ini.

Selain perkembangan di sisi produk, Ellis menyebutkan pihaknya sedang menginisiasi  terbentuknya Asosiasi Penyelenggara Teknologi Jasa Finansial (FinTech Indonesia) sebagai asosiasi penyelenggara teknologi jasa finansial yang mempertemukan para penyedia teknologi jasa finansial; lembaga finansial seperti bank, lembaga pembiayaan, dan asuransi; organisasi pengawas kegiatan finansial; dan para pemangku kebijakan (stakeholder) finansial baik dari pemerintah dan non pemerintah.

Ellis berharap, "Ke depannya, asosiasi ini diharapkan menjadi wadah para praktisi kegiatan finansial dan para stakeholder untuk merumuskan suatu visi dan misi agar dunia finansial di Indonesia bisa lebih efisien, transparan, dan aman, melalui pemanfaatan platform digital atau online."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again