1. Startup

Proses CariPerumahan Melawan Raksasa Marketplace Properti di Indonesia

Mencari pendanaan dan membangun tim menjadi fokus awal startup asal Makassar ini

Kesiapan masyarakat Indonesia menyambut konsep e-commerce telah membuka banyak kesempatan untuk layanan seperti CariPerumahan, untuk melebarkan layanan bisnisnya sebagai penyedia iklan baris properti secara online untuk masyarakat Indonesia. Sebagai pembeda dari kompetitornya, CariPerumahan turut menawarkan simulasi penghitungan angsuran KPR di platformnya.

Startup asal kota Makassar ini didirikan oleh Faisal Jabir dan hingga saat ini masih bersifat bootstrapping. Meski masih dalam fase beta, CariPerumahan nyaris memiliki ratusan listing yang terdaftar, meskipun pihaknya belum mengkonfirmasi jumlah pasti. Mereka sendiri sedang mempersiapkan interface yang lebih segar dan nyaman untuk para penggunanya dalam waktu dua bulan ke depan.

Jika telah meluncur nanti, CariPerumahan bakal bersaing dengan startup besar di segmen serupa seperti Lamudi, UrbanIndo, dan Rumah123. Jalan panjang ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi Faisal.

Faisal berujar bahwa dirinya siap membuka berbagai model kemitraan antara perusahaan/pemilik properti dari seluruh penjuru Indonesia yang ingin memanfaatkan layanannya. Tidak menutup kemungkinan untuk mempromosikan produk dari perusahaan dengan juga relevan, misalnya penyedia bahan bangunan.

Saat ini CariPerumahan gencar menawarkan dan memperkenalkan layanan mereka kepada masyarakat secara umum, dan perusahaan properti secara khusus. Banyak tugas yang harus dilakukan oleh CariPerumahaan untuk mengejar kompetitor mereka jika ingin berada di ranah persaingan. Faisal sendiri mengakui hal tersebut dengan memaparkan bahwa dirinya butuh mematangkan konsep guna meraih pendanaan dan merekrut tim agar mampu bergerak lebih cepat lagi.

Menariknya, CariPerumahan menyediakan simulasi perhitungan angsuran KPR yang tersedia di platform mereka. Pengguna cukup memasukkan harga rumah, uang muka, bunga per tahun, dan jangka waktu. Hasil dari perhitungan tersebut akan memaparkan jumlah hutang pokok, angusan per bulan, dan total yang harus dibayarkan oleh setiap individu.

“CariPerumahan akan menjadi referensi bagi masyarakat untuk memperoleh informasi perumahan murah, bagi perbankan akan menjadikan kami sebagai referensi acuan untuk taksasi nilai properti. Serta bagi pemilik properti akan menjadikan kami tempat sebagai penyelenggara pameran properti mereka. Sedangkan sumbangsihnya untuk bangsa, kami siap menjadi mitra usaha yang memberikan informasi data properti di indonesia,” papar Faisal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again