1. Startup

Mataruma Tawarkan Kemudahan Pencarian Properti Dengan Google Map

Tingginya kebutuhan akan pasar industri properti di Indonesia membuat para penyedia layanan iklan properti kerap bermunculan, terlebih pada layanan situs marketplaceproperti online. Di tengah ramainya pemain dalam industri ini, salah satu situs properti lokal terbaru, Mataruma mencoba peruntungannya dengan menawarkan fitur pencarian berbasis peta yang memudahkan penyesuaian lokasi.

Fitur yang disebutkan tadi bisa dibilang merupakan fitur andalan Mataruma dalam menjajal persaingan di industri properti online lokal yang punya banyak pemain kuat seperti misalnya; Rumah123, Rumah.com, UrbanIndo, Lamudi, dan banyak lagi lainnya.

Betapa tidak, dari fitur yang diberi nama “Lokamap” tersebut, pengguna bisa mencari lokasi properti yang diinginkan secara lebih detail dengan memanfaatkan teknologi Google Map, sehingga kesulitan mencari alamat lokasi yang biasanya ditemui saat mencari properti yang diinginkan dapat diminimalisir oleh fitur ini.

Keunggulan fitur Lokamap yang ditawarkan Mataruma tak sampai situ saja, pencarian properti bisa dimaksimalkan pengguna dengan memanfaatkan fitur yang disebut “Lokameter”. Substansi fitur ini akan memberikan kemudahan perkiraan jarak strategis sebuah properti yang dicari. Cukup mengaktifkan fitur ini, maka para pencari properti bisa mendapatkan estimasi jarak dan rute yang disesuaikan dari posisi GPS pengguna berada.

Dengan mengusung konsep marketplace yang interaktif, Mataruma juga memberikan fungsi pencarian yang lengkap dengan fungsi filtering pencarian yang bisa dimanfaatkan pengguna Mataruma yang datang dari pembeli properti, penjual, hingga para agen properti. Bagi pembeli, dalam halaman awal Mataruma pencarian properti bisa dilakukan mulai dari pencarian sederhana hingga pencarian yang lebih advance sekalipun seperti penyesuaian harga, jumlah kamar, luas tanah, dan lain sebagainya.

Lalu, bagi pengguna yang mungkin lebih merasa nyaman mencari properti dengan bantuan agen, pengguna bisa melakukan pencarian agen properti yang tentu disertakan dengan listing properti terkait. Lewat fitur pencarian ini, selain dapat melihat profil lengkap sang agen, pengguna juga bisa mengontak agen langsung lewat opsi hubungi agen yang berisi form kontak via email.

Secara keseluruhan, Mataruma tak menarik biaya apapun dalam penggunaannya – setidaknya hingga saat ini. Seperti keterangan yang tertuang di halaman Syarat dan Ketentuan, startup yang berbasis di Jakarta tersebut berencana akan menerapkan sejumlah bentuk model bisnis, mungkin saja akan diterapkan setelah Mataruma melepas status beta-nya di masa mendatang. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai model bisnis yang akan diusungnya.

Popularitas Mataruma saat ini jelas masih jauh berada di belakang pemain situs properti lainnya yang lebih dahulu hadir dan punya pasar tersendiri, namun begitu dengan fitur interaktif yang ditawarkannya, Mataruma setidaknya memiliki peluang untuk menjadi alternatif dalam mencari properti yang sesuai dengan idaman. Untuk ke depannya, Mataruma mungkin bisa untuk mulai mengembangkan layanannya di ranah mobile agar menambah daya saing yang kuat di antara kompetitor lainnya.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again