1. Startup

Cari Informasi Lengkap Seputar Pemilu 2014 Dengan Aplikasi Pemilu

Mendekati perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 yang tak lama lagi akan segera tiba, jaringan informasi melalui media teknologi kian semarak. Diawali dari platformPemiluAPI dan MataMassa yang telah hadir, belum lama ini ada satu lagi aplikasi mobile yang juga menghadirkan layanan serupa. Nama aplikasi tersebut ialah “Pemilu”, sebuah aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengetahui segala seluk beluk seputar Pemilu 2014 dengan sajian yang menarik.

Menemukan aplikasi Pemilu ini ibarat menemukan oase di tengah padang pasir. Ketika para pemilih dahaga akan informasi partai dan figur yang ingin dipilihnya, aplikasi ini hadir menyajikan informasi tentang hal terkait secara lengkap dan mudah diakses lewat perangkat ponsel.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak khalayak, sejak era reformasi bergulir, tiap kali Pemilu digelar peserta Pemilu dari mulai partai dan beserta calon-calon eksekutifnya memiliki jumlah yang tak dapat dihitung dengan jari. Otomatis, dengan begitu masyarakat tentu akan kesulitan mengetahui profil-profil dari partai serta figur yang akan dipilihnya.

Melalui aplikasi Pemilu yang dikembangkan oleh ThinkWorld ini, seluk beluk perhelatan Pemilu dapat dengan mudah diketahui lewat sebuah akses perangkat mobile. Sesuai dengan keterangan yang tertampil dalam halaman Google Play Store, aplikasi Pemilu ini menyajikan berbagai tampilan informasi lengkap seputar Pemilu.

Sesuai dengan keterangan yang ditampilkan pada Google Play Store, aplikasi ini menghadirkan segudang informasi bermanfaat seperti berita dan jadwal seputar Pemilu, daftar calon legislatif (DPR & DPD), daftar partai yang ikut serta, daftar calon presiden, cara menghitung kursi DPR, hingga informasi pengecekan cepat daftar pemilih tetap (DPT).

Bagi pemilih pemula, aplikasi ini juga memberikan informasi-informasi lain seperti informasi persyaratan untuk memilih dan juga contoh kertas suara. Seluruh fitur tersebut tersaji secara apik dengan tampilan yang interaktif.

Selain menyajikan informasi, dalam aplikasi Pemilu pengguna juga dapat berpartisipasi dalam poling interaktif yang diadakan. Poling tersebut dapat digunakan untuk memantau perkembangan minat yang berkembang di tengah masyarakat akan partai politik dan calon presiden mana yang difavoritkan saat ini.

Secara garis besar, fungsi serta fitur dari aplikasi Pemilu “hanya” menitikberatkan pada pusat kanal informasi bagi para pemilik hak suara untuk memperoleh informasi yang diinginkan sebelum perhelatan tersebut digelar pada April 2014 mendatang.

Namun pertanyaannya: Pentingkah aplikasi ini untuk diunduh ke dalam perangkat smartphone Anda? Jawabannya tentu akan beragam, sebagian besar mungkin ada yang mengatakan aplikasi ini sangat perlu untuk digunakan karena dapat mengetahui profil partai dan figur yang akan dipilih, di satu sisi mungkin saja ada yang berpendapat bahwa aplikasi ini tak sepenuhnya bermanfaat karena di dalamnya tak menyajikan suatu penawaran solusi di tengah-tengah masyarakat akan perhelatan pemilu ini.

Bagi saya pribadi, aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika dapat menyajikan informasi quick count perolehan suara secara real-time di hari-H pemilu. Sayangnya fungsi tersebut tak saya temukan, dan saya berharap aplikasi ini dapat menyajikan informasi tersebut atau setidaknya ada aplikasi lain lagi yang menghadirkan fungsi penghitungan suara secara real-time. Bagaimana menurut Anda?

 

[ilustrasi foto: Flickr]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again