1. Startup

Cari Ilmu Tentang Investor (AngelList) dan Startup di Quora.com

Telah beberapa bulan sejak saya menuliskan tentang Quora.com, yang bulan Juni lalu dibuka untuk publik setelah sebelumnya hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu. Kini Quora.com telah bisa digunakan oleh siapa saja.

Quora merupakan situs yang menyediakan layanan pertanyaan dan jawaban (Q&A) dari penguna lain yang dikumpulkan, disesuaikan dan dikelompokkan secara kolaborasi. Beberapa kelebihannya antara lain adalah aura serius yang ditawarkan mereka sehingga hanya pengguna yang ingin benar-benar bertanya dan ingin mendapatkan jawaban yang relevan saja yang menggunakan layanan ini.

Meski peluang untuk pertanyaan yang kurang relevan atau tidak berbobot masih bisa terjadi tetapi ekosistem yang ada di situs tersebut memberikan nuansa serius, seperti yang dituliskan oleh VentureHacks, komunitas yang ada di Quora akan 'membunuh' Anda jika Anda mengisi konten di Quora dengan 'sampah', para pengguna Quora mencari jawaban terbaik dari setiap pertanyaan.

Lalu apa hubungannya dengan ilmu tentang investor dan startup? Masih ingat, dulu saya pernah menulis artikel dengan tema daftar Angel Investor Lokal yang juga terinspirasi dari salah satu 'program' yang juga digagas oleh orang-orang yang ada di VentureHacks, AngelList. AngelList merupakan situs yang didalamnya ada semacam 'komunitas' yang terdiri dari berbagai startup dan investor, dimana kita bisa mengajukan startup yang nantinya akan diseleksi oleh Nivi dan Naval dari VentureHacks, startup yang lolos seleksi nantinya akan 'diperkenalkan' pada para investor yang yang telah terdaftar AngelList. Situs ini juga menyediakan sarana bagi para investor yang tertarik untuk masuk dalam daftar Angel Investor.

Dalam sebuah artikel, VentureHacks menjelaskan bahwa di situs Quora ada sebuah thread dengan topik 'What do people think of AngelList?' JIka Anda masuk ke tautan ini maka disana akan ada berbagai jawaban 'berbobot' yang diberikan oleh para investor atau founder dari startup. Jawaban yang diberikan juga panjang lebar dan rinci serta memberi inspirasi.

Apa yang bisa didapat dari thread pertanyaan ini? Meski informasi yang ada memang tentang iklim serta tata cara investasi di luar negeri, tapi sejak perkembangan startup kita yang pesat dan beberapa investasi yang juga terjadi pada startup lokal, Anda tetap bisa mendapatkan banyak informasi serta pelajaran dari jawaban-jawaban tersebut. Minimal kita bisa melakukan semacam studi banding dari pelaku startup sendiri tentang bagaimana mereka berhadapan dengan para investor, terutama yang ada di daftar AngelList. Atau, siapa tahu Anda (pemilik startup) tertarik untuk ikut serta di program AngelList.

Dari thread atau pertanyaan tentang AngelList kemudian selanjutnya saya mengetikkan kata startup di kolom pencarian Quora, terima kasih atas fasilitas rekomendasi yang juga ada di Quora, ketika kita mengetikkan kata startup akan muncul beberapa rekomendasi tentang pertanyaan yang berkaitan dengan startup. Masuk pada salah satu ketegori pertanyaan itu akan memberikan Anda jawaban yang mungkin Anda cari selama ini, minimal pengetahuan tentang bagaimana startup mengembangkan bisnis mereka.

Jawaban yang ada juga cukup relevan karena diberikan oleh para pelaku startup sendiri, selain ada pula jawaban yang diberikan oleh para investor atau pengguna umum. Dan karena Quora menyediakan beberapa fasilitas, (untuk lebih lengkap bisa cek artikel DailySocial berikut), seperti fitur 'follow question' yang memungkinkan Anda bisa tetap 'terikat' dan selalu mendapatkan perkembangan terbaru dari setiap pertanyaan yang menarik bagi Anda.

Berikut beberapa tautan, pertanyaan maupun topik tentang investor atau startup yang bisa Anda baca atau, Anda juga bisa mencari tema pertanyaan lain di Quora.com: What do people think of AngelList?, How do you find someone to mentor?, Startup Advice, Angel Investing, Startup Founder.

Quora adalah situs Q&A, dimana tidak semua pertanyaan dan jawaban akan memuaskan pengguna, tetapi menurut saya ini adalah sebuah situs yang cukup relevan serta bisa menjadi salah satu sumber bagi startup untuk mendapatkan berbagai informasi tentang investor, startup dan berbagai pertanyaan dibidang lain yang jawabannya langsung diberikan oleh para pelaku itu sendiri.

Sudah mencoba Quora.com? Bagaimana menurut pendapat Anda, terutama yang menyangkut informasi akan investor dan startup, apakah cukup memberikan informasi yang relevan atau tidak? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again