Dark
Light

Flash Terbaru Canon Dapat Mengatur Posisinya Secara Otomatis

1 min read
February 27, 2018

Selama tiga tahun menulis seputar kamera untuk DailySocial, ternyata baru satu kali saya membahas tentang flash eksternal, itu pun yang ditujukan buat smartphone. Namun untuk flash besutan Canon yang satu ini, saya tidak rela melewatkan pembahasannya, sebab fitur pintarnya bakal sangat berguna terutama buat fotografer pemula.

Nama lengkapnya Canon Speedlite 470EX-AI, dan fitur unggulannya adalah pengoperasian secara otomatis, spesifiknya untuk teknik bounce flash (bukan langsung ke arah subjek, tapi dipantulkan ke langit-langit atau dinding). Dengan flash yang memiliki guide number 47 ini, sudut pantulannya dipastikan akan selalu optimal.

Ini dimungkinkan berkat kemampuan flash mengalkulasi jaraknya ke subjek dan ke langit-langit. Caranya dengan pertama-tama ‘menembakkan’ flash terlebih dulu ke subjek dan langit-langit, sebelum akhirnya bergerak ke posisi finalnya. Semuanya berlangsung dalam hitungan detik, dan dari situ pengguna tinggal asal menjepret saja.

Canon Speedlite 470EX-AI

Semisal hendak berganti orientasi (dari landscape ke portrait, atau sebaliknya), 470EX-AI rupanya juga bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Cukup tekan separuh tombol shutter sebanyak dua kali setelah memutar orientasi kamera, maka flash-nya pun juga akan menyesuaikan posisinya.

Fitur ini membuat 470EX-AI sangat berguna di tangan fotografer berpengalaman (yang sudah bisa dengan cepat mengatur sudut pantulan flash sendiri), sebab perangkat turut dibekali mode semi-otomatis, di mana ia mampu mengingat-ingat posisi flash yang ditetapkan sang fotografer. Jadi saat berganti orientasi, cukup tekan dua kali tombol shutter agar flash bisa kembali mengarah ke posisi sebelumnya.

Lebih jelasnya Anda bisa tonton sendiri video perkenalannya di bawah. Canon berencana memasarkannya pada bulan April seharga $400.

Sumber: DPReview.

sony-xperia-ear-duo
Previous Story

Sony Juga Umumkan Headphone Nirkabel Xperia Ear Duo, Cara Baru Menikmati Musik

Next Story

Blizzard Tease Hero Overwatch ke-27, Bisa Anda Tebak Apa Perannya?

Latest from Blog

Don't Miss

Canon Perkenalkan Large Format Printer imagePROGRAF Baru di Indonesia

Canon Indonesia kembali meluncurkan empat seri Large Format Printer terbaru
Canon imageFORMULA DR-M140II

Scanner Dokumen Terbaru dari Canon, imageFORMULA DR-M140II dan DR-M1060II Untuk Digitalisasi Dokumen

Saat ini, kebutuhan digitalisasi dokumen telah menjadi suatu hal yang