• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Analisis  Berita 

Brizzly Ditilep AOL

Brizzly Ditilep AOL

Posted by
Chris Prakoso

September 30, 2010

Brizzly LogoTunjuk tangan yang tidak pernah denger tentang Brizzly! :)  Aneh memang, terkadang kita tidak kenal dengan satu situs atau perusahaan sampai mereka dibeli oleh perusahaan lain yang lebih ternama.  Memang terus-terang Brizzly tidak begitu dikenal orang, tidak seperti misalnya Tweetdeck, Seesmic atau Hootsuite, padahal Brizzly ini termasuk ‘pemain lama‘.
Jadi apa Brizzly itu? Pada dasarnya sama seperti Seesmic Web dan Hootsuite, Brizzly, yang dibikin oleh ThingLabs, adalah aplikasi Twitter pihak ketiga yang berbasis web.  Boleh dibilang sebenarnya Brizzly banyak memberikan fitur-fitur tambahan diatas fitur Twitter yang standar, jauh sebelum Seesmic Web atau Hootsuite (apalagi Twitter) memberikan fitur yang sama.  Misalnya fitur auto-refresh Timeline (timeline kita secara otomatis refresh sendiri tanpa kita pencet tombol reload).  Brizzly sudah dari semula punya fitur ini, jauh sebelum saingan-saingannya yang lain.  Pendek cerita, Brizzly bukanlah ‘orang baru’ di dunia Aplikasi Media Sosial.


Lalu kemarin (28-09-10), kita mendengar berita bahwa Brizzly dibeli oleh AOL!  Atau tepatnya AOL membeli ThingLabs, perusahaan yang membuat Brizzly.   Berita ini muncul bersamaan dengan berita besar lain yang memberitakan bahwa AOL telah mengakuisisi Techcrunch, seperti yang juga diulas oleh DailySocial.

Berita ini menarik sekali untuk disimak.  Nomer satu, untuk para startup lokal, berita akuisisi dari dua perusahaan internet ini memperkuat kenyataan bahwa memulai sebuah startup mempunyai kemungkinan besar untuk membuahkan hasil dikemudian hari.  Tentunya ini tidaklah mudah dan harus disertai dengan kerja keras, Techcrunch sendiri umurnya sekitar 5 tahun, sedangkan Brizzly dimulai sekitar 2 tahun yang lalu.  Jalannya memang tidak pendek.

Kemudian dari sudut pandang AOL sendiri, juga menarik untuk disimak sepak-terjangnya selama ini.  Banyak dari kita (maksudnya yang 30 ke atas) mungkin masih ingat CD gratisan dari AOL yang sebagai wahana marketing bagi mereka untuk mencari pengguna baru untuk layanan Internet Provider mereka (ya AOL – singkatan dari America Online – di jaman modem 56K adalah perusahaan penyedia Internet).  Tapi kemudian setelah tehnologi Broadband mulai merakyat, AOL banting setir ke arah bisnis Portal (mengikuti Yahoo).  Lalu sekitar 5 tahun yang lalu, ketika ‘new media’ (contohnya blogging dll) mulai naik daun, AOL membeli Weblogs Inc (yang salah satunya foundernya adalah Jason Calacanis).  Weblogs Inc adalah kumpulan blog-blog diantaranya yang terkenal adalah Engadget, Joystiq, Download Squad dan TUAW.  Pembelian Weblogs Inc. oleh AOL ini termasuk event yang kontroversial waktu itu, karena baru itulah ada Blog yang dibeli oleh perusahaan yang ternama dengan jumlah uang yang sedemikian besar ($25 juta).   Kejadian ini menyadarkan banyak orang bahwa nge-blog itu ternyata bisa dibikin menjadi bisnis yang bisa menghasilkan uang, dan bukan hanya sebagai hobi saja.  Oya, selain itu, jangan lupa AIM! AIM atau AOL Instant Messenger adalah cikal bakal dari aplikasi Instant Messaging yang kita kenal sekarang.  Waktu itu hanya ada dua aplikasi IM yang banyak dipakai orang, AIM dan ICQ.  ICQ juga akhirnya dibeli oleh AOL :)

Fast-Forward ke tahun 2010, menurut press release AOL yang dimuat kemaren, AOL yang sekarang adalah AOL yang berbeda dari 7 tahun yang lalu.  Dilihat dari akuisisi-nya yang terakhir ini, AOL kelihatan bersiap-siap untuk masuk ke dunia Media Sosial dengan ‘gigi lima‘.  Mengenai Brizzly sendiri, AOL bilang bahwa tim dari ThingLabs akan dilebur ke divisi Consumer Application Group, dan kedua founder ThingLabs yaitu Jason Shellen and Christopher Wetherell (dulunya bekas orang Google yang mempunyai andil besar pada saat diciptakannya Google Reader) akan menggawangi tim AIM (dan keluarga produk-nya).  Nantinya, AOL mengharapkan Brizzly untuk diintegrasikan dengan layanan Lifestream punya AOL (terus-terang saya nggak pernah dengar tentang layanan yang satu ini).

Menurut saya, di tahun belakangan ini, AOL saya lihat sangat fokus dengan visinya, dan punya tendensi untuk tidak ‘merusak’ apa yang dia beli.  Contohnya saja bisa kital lihat seperti blog-blog dari Weblogs Inc. yang sampai sekarang masih bertahan dan berkembang, tidak hilang sepeti banyak terjadi dengan perusahaan-perusahaan yang dicaplok oleh perusahaan lain yang lebih besar.  Jadi saya lebih punya keyakinan bahwa, baik Techcrunch atau ThingLabs akan bertahan dan terus berkembang.

Selamat buat ThingLabs dan Brizzly, dan semoga sukses!

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×