• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

BlackBerry Resmi Luncurkan BBM Money Dengan Bank Permata

BlackBerry Resmi Luncurkan BBM Money Dengan Bank Permata

Posted by
Iqbal Farabi

February 26, 2013

Kabar mengenai akan diluncurkannya layanan BBM Money sebenarnya sudah beredar cukup lama. Wacana ini muncul ke publik dari wawancara Hastings Singh, Managing Director BlackBerry untuk kawasan Asia Tenggara, dengan BBC pada awal Desember tahun lalu. Hari ini BlackBerry dan Bank Permata meluncurkan ujicoba BBM Money di Indonesia di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam wawancara bulan Desember lalu, Hastings Singh mengatakan, “Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi RIM. Oleh karena itu, kami menawarkan inovasi baru [yakni] BBM Money yang akan diluncurkan pertama kali di Indonesia segera, kemudian diikuti dengan peluncuran di seluruh dunia”.

Setelah kemudian berita tersebut tenggelam oleh persiapan peluncuran BlackBerry 10, baru-baru ini kembali muncul kabar lanjutan mengenai BBM Money ini. Kemudian, situs berita Bloomberg hari ini mengabarkan bahwa saat ini BlackBerry akan meluncurkan proyek percobaan dengan Bank Permata. Hal ini dikonfirmasi oleh eksekutif dari BlackBerry dan Bank Permata kepada Bloomberg.

BBM Money akan memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer uang melalui layanan BlackBerry Messenger. Kepada Bloomberg, Bianto Surodjo dari Bank Permata mengatakan, “jika pengguna ingin melakukan pembayaran, mereka bisa dengan mudah membuka aplikasi BBM Money dan melakukan transfer semudah melakukan percakapan melalui BlackBerry Messenger”.

Lebih lanjut, Bianto juga menyatakan bahwa pihaknya optimis dalam 12 bulan ke depan, akan terdapat beberapa ratus ribu pengguna BlackBerry Money di Bank Permata. “BlackBerry Messenger sudah menjadi seperti kebiasaan dalam berkomunikasi untuk masyarakat di sini”.

Ujicoba BBM Money ini sementara dibatasi untuk pengguna yang memiliki perangkat dengan sistem operasi BlackBerry 5, 6, dan 7. Perangkat dengan sistem operasi BlackBerry 10 seperti Z10 justru belum bisa menggunakan aplikasi ini.

Kepada Bloomberg, T.A. McCann, wakil presiden BlackBerry Messenger, mengatakan, “selama ini BlackBerry Messenger dipandang sebagai sekedar aplikasi pesan. Kami berusaha untuk menunjukkan contoh yang jelas bagaimana kami telah memperluas [kemampuan] BlackBerry Messenger menjadi lebih dari sekedar aplikasi pesan saja”.

Lebih lanjut, McCann juga menambahkan bahwa jika ujicoba dengan Bank Permata ini dianggap berhasil, BlackBerry akan melakukan pengembangan terhadap BBM Money. Pengembangan ini dapat berupa penambahan jumlah bank yang dilibatkan, penambahan negara yang bisa mengakses aplikasi BBM Money, penambahan perangkat yang bisa menggunakan BBM Money, maupun penambahan fungsionalitas BBM Money sendiri.

Saat ini aplikasi BBM Money sudah tersedia di BlackBerry World. Pengguna bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis dan menggunakannya untuk melakukan transfer dana ke sesama pemilik rekening Bank Permata secara gratis. Hanya saja, untuk transfer ke rekening bank lain, pengguna akan dikenakan biaya sebesar lima ribu rupiah per transaksinya.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×