1. Startup

BlackBerry Messenger Masih Paling Populer di Indonesia Menurut Google Trends Sepanjang 2014

Menyambut tahun baru 2015, Google Indonesia merangkum pencarian paling tren dalam mesin pencari mereka sepanjang tahun 2014. Menurut Google Trends, BlackBerry Messenger (BBM) menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak dicari pada tahun ini, mengalahkan WhatsApp Messenger yang menjadi juara pada tahun lalu. Hal ini menjadi pembahasan yang menarik, mengingat data XL Axiata (XL) dan Global Web Index (GWI), menyatakan WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Berbeda dengan rangkuman Google Trends tahun lalu yang memiliki fokus instant messaging, tahun ini Google membeberkan pencarian dalam lingkup yang lebih luas dan umum. Seperti biasa, hasil pencarian untuk segmen instant messaging masih menarik untuk dibahas.

BBM menjadi aplikasi pesan instan yang ternyata paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2014. Menyalip WhatsApp sang jawara tahun lalu yang kini berada di posisi kedua, kemudian disusul oleh LINE.

Jika kita tilik kembali tentang segmen pesan instan di Indonesia sepanjang 2014, WhatsApp sudah terbukti mendominasi pasar. XL mengungkapkan bahwa dari 31,2 juta penggunanya yang mengakses internet, pengguna BBM menyusut hingga kurang dari 10% dari total pengguna mobile Internet XL.

Senada dengan XL, data GWI memaparkan bahwa pada kuartal ketiga tahun 2014, sebanyak 78 persen pengguna Internet di Indonesia berselancar melalui perangkat ponsel mereka. Tidak ada di daftar tersebut yang menggunakan BBM, sedangkan 34 persen responden menggunakan WhatsApp.

Google Trends sendiri merefleksikan apa yang masyarakat Indonesia lakukan melalui pemanfaatan mesin pencarian Google. Tren dan kategori dapat berubah seiring perilaku pengaksesnya dari waktu ke waktu. Apa yang dijabarkan oleh Google Trends nampaknya menjadi bukti bahwa animo BBM di tanah air belum kehilangan tajinya. Tidak banyak penggunanya kini memang, tetapi pasar seakan tetap menantikan gebrakan terbaru dari aplikasi yang pernah menjadi penguasa perpesanan instan di Tanah Air tersebut.

“Google menjadi pilihan alat pencarian masyarakat Indonesia. Kami akan berjuan lebih keras guna mengakomodir pencarian yang lebih relevan,” ucap Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra.

Berikut ini adalah 10 aplikasi pesan instan paling dicari di Indonesia tahun 2014:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again