1. Startup

BitesMedia.TV : Local Video Network

Ada Asia Blogging Network, ada Arus Media, dan kini pelopor Video Blogging Network lokal telah datang. Bites Media, sebuah jaringan blog video yang kini membawahi Webicara dan NotSoGeeky Video Cast dengan dikepalai oleh Armono Wibowo dan Dhenu Wiarsandi, kini mulai menggeliat meramaikan panggung blogging lokal dengan aksi video blogging mereka yang unik dan ringan. Webicara misalnya, dengan dipandu oleh dua orang awam yang mengulas mengenai produk-produk teknologi dan internet, dibawakan dengan santai dan jenaka memastikan penonton tidak terlalu diberi beban untuk berfikir. Sangat ringan dan mudah dimengerti dari sudut pandang orang awam (end-user).

Berbeda dengan Webicara, NotSoGeeky mengusung tema interview dengan para praktisi internet, web designer/developer, sampai blogger sekalipun. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan sempat mewawancarai Matt Mullenweg (Wordpress), Norman Sasono (Microsoft Indonesia) dan yang terakhir (dan belum rilis) adalah .... rahasia! :D

Allen Stern dari Center Networks mengungkapkan beberapa aktivitas di beberapa bulan terakhir yang sepertinya mengindikasikan kejatuhan video blogging.

Memang menarik untuk diteliti kejadian-kejadian beruntun ini. Semuanya mengindikasikan menurunnya interest ke Video Blogging. Allen Stern kemudian mengungkapkan bahwa Video blogging mengalami kekurangan dalam hal timely, dimana media seperti Twitter yang mampu menyebarkan berita hanya dalam hitungan detik! Sedangkan Video blogging, paling tidak memakan waktu beberapa hari untuk editing dsb. Podcast-pun kurang lebih bernasib sama.

Meskipun dengan waktu yang semaksimal mungkin, apakah para Caster lokal ini mampu menarik pengunjungnya? Mampukah mereka survive?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again