1. Startup

Bitcoin Indonesia Mudahkan Pembelian Bitcoin Melalui Gerai Indomaret

Meskipun sudah dianggap alat pembayaran yang didukung oleh negara, dalam hal ini Bank Indonesia, ternyata penyebaran bitcoin tidak menyurut di Indonesia. Bitcoin Indonesia yang sangat getol menyosialisasikan penggunaan dan pengenalan bitcoin di tanah air mengumumkan kemudahan pembelian bitcoin melalui lebih dari 10.000 gerai Indomaret yang berlaku mulai September ini.

Langkah ini merupakan hal yang strategis mengingat gerai Indomaret tersedia di berbagai pelosok kota dan selalu berlokasi di daerah padat penduduk. Indomaret berfungsi sebagai tempat yang mengakomodasi berbagai metode pembayaran konvensional, baik secara tunai maupun menggunakan kartu debit atau kartu prabayar, yang selama ini kurang terwakili oleh pembayaran secara online. Padahal kita semua tahu bahwa kepemilikan dan penggunaan kartu kredit di Indonesia secara umum masih terbatas di kota-kota besar. Skema pembayaran melalui gerai ritel ini didukung oleh iPaymu.

Untuk membayar transaksi pembelian bitcoin melalui Indomaret, konsumen yang sudah memiliki akun di situs Bitcoin Indonesia bisa memilih opsi top up Rupiah melalui Indomaret. Meskipun menggandeng toko konvensional untuk memudahkan pembayaran, perolehan bitcoin (secara virtual) tetap dilakukan melalui sistem Bitcoin Indonesia.

Di Indonesia sendiri bitcoin bukanlah dianggap sebagai alat pembayaran sah. Meskipun demikian Bank Indonesia tidak serta merta melarang penggunaan bitcoin dan menyerahkan risiko penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran ke pihak masing-masing. Tidak ada ancaman hukuman bagi mereka yang menggunakan bitcoin untuk bertransaksi.

Yang jadi pertanyaan setelah bitcoin semakin mudah didapat adalah untuk apa peruntukannya. Apakah bisa digunakan untuk transaksi sehari-hari atau praktis sebagai komoditas yang bisa menjadi alat spekulasi? Sebagai suatu alat pembayaran, bitcoin harus diterima secara luas dan sejauh ini hal tersebut masih menjadi wacana di Indonesia.

Bitcoin Indonesia sendiri bersama Coin of Sale sudah mencoba menjalankan kampanye "Pulau Bitcoin" di Bali sebagai bentuk eksperimen sosial untuk mempromosikan penggunaan bitcoin sebagai alternatif alat pembayaran di Pulau Dewata tersebut. Di kawasan yang sama, coworking space Hubud Bali juga telah menerima bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran karena mulai banyak anggotanya yang menerima pendapatan dalam bentuk bitcoin.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again