• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Bistip.com Masuk Tahun Kedua, Fokus Tambah Konten

Bistip.com Masuk Tahun Kedua, Fokus Tambah Konten

Posted by
Wiku Baskoro

March 12, 2012

Bistip.com, sebuah layanan pengiriman barang antar teman - peer to peer courier service- berulang tahun yang pertama tanggal 11 Maret 2012 kemarin dan kini akan memasuki tahun kedua. Menyambut ulang tahun ini, mereka akan membebaskan biaya layanan SafePay (salah satu fasilitas untuk rekening bersama Bistip).

Mereka akan mengratiskan potongan 2% untuk penggunaan fasilitas SafePay bagi pengguna mereka selama satu bulan mulai dari 9 Maret sampai 9 April 2012. Selain mengadakan program ini Willy Ekasalim, Founder dari Bistip.com juga menjelaskan fokus dari startup yang telah mendapatkan investasi dari InvestIdea ini. Jika tahun lalu mereka fokus untuk melengkapi fasilitas marketplace dengan memperbaiki fitur pendukung transaksi seperti messaging dengan email reply, lalu SafePay, dll, maka untuk tahun kedua ini Bistip akan mencoba untuk menambah sisi konten – masih dengan metode crowdsource – dari situs mereka.

Willy menjelaskan tentang beberapa contoh dari penambahan konten ini antara lain fitur Item Suggestion, yang memungkinkan pengguna untuk memberikan usulan barang menarik dari lokasi tertentu dan bisa dijadikan ide untuk titipan orang lain. Contoh dari penerapan fitur ini bisa dilihat di tautan ini. Pada fitur ini nanti juga akan terdapat tampilan untuk traveler yang berpergian dari area dimana barang tersebut diusulkan. Willy mengatakan sistem barang serta konten seperti ini yang akan dikembangkan lebih lanjut.

Tahun kedua ini Bistip akan memfokuskan pada menambahkan transaksi (titip-menitip) serta percakapan yang terjadi yang menunjukkan aktivitas anggota layanan mereka, Willy menjelaskan bahwa dengan semakin banyak transaksi titip-menitip maka akan semakin banyak pengguna yang berkumpul kerena proses titip-menitip barang telah berhasil dijalankan.

Untuk data statistik, via email dikatakan Willy bahwa saat ini Bistip.com telah memiliki 5000 pengguna, ada 2500 lebih rute perjalanan serta lebih dari 13.000 percakapan yang sudah terjadi di situs mereka. Serta transaksi barang lewat fasilitas SafePay mereka sudah melebihi Rp 100 juta.

Bistip saat ini memiliki tim berjumlah tiga orang, DailySocial pertama kali menuliskan startup yang juga menjadi pemenang The Most Promising Startup 2011 SparxUp Awards 2011 ini pada tanggal 22 Maret 2011, tepat 11 hari setelah ‘kelahirannya’. Ketika ditanya tentang kegiatan promosi, Willy menjelaskan tentang beberapa kegiatan yang telah mereka laksanakan antara lain tahun lalu mereka melakukan pendekatan pada user group yang dianggap potensial menjadi pengguna Bistip, misalnya backpacker atau siswa yang sekolah di luar negeri, mereka juga melakukan pendekatan dengan komunitas perempuan serta penggemar bola serta komunitas lain.

Bistip juga punya Bistipes – official ambassador dari Bistip yang melakukan perjalanan dengan rute tertentu dan bisa dititipkan barang secara gratis. Mereka juga mengadakan acara Bistip Budget Travel Challenge.

Pendekatan komunitas adalah salah satu strategi yang tepat, karena masalah kepercayaan serta penambahan pengguna menjadi salah satu isu penting di layanan seperti Bistip, dengan mengajak semakin banyak orang yang melakukan perjalanan dan proses titip-menitip serta menjaga agar proses titip-menitip berhasil dengan baik maka layanan mereka akan terus bertambah anggotanya, ini juga bisa diarahkan untuk monetisasi ke layanan SafePay.

Willy juga mengatakan bahwa promosi yang mereka lakukan adalah hal penting untuk meningkatkan variasi traveler ke komunitas mereka. “Menurut kita dengan makin banyak trip yang beragam maka lebih tinggi kemungkinan negosiasi akan terjadi. Dan mengajak user untuk titip menitip adalah untuk mendengar cerita dan review mereka soal bistip yang feedback-nya kita pakai untuk mengembangkan website kita.”

Tahun pertama sudah lewat, saya sendiri cukup penasaran dan ingin melihat perkembangan selanjutnya dari Bistip di tahun kedua ini, industri digital – khususnya dunia internet terus berkembang dan tumbuh, Bistip sendiri sepertinya masih terus mengembangkan layanan mereka untuk menarik lebih banyak pengguna dan transaksi titip-menitip yang ada di situs mereka, fokus yang bagi saya cukup relevan, karena untuk layanan ‘baru’, fokus penambahan pengguna adalah satu hal utama yang harus diperhatikan benar. Mari kita nantikan perkembangan terbaru dan pengembangan apa yang akan dilakukan oleh Bistip.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×