Interview 

Berbicara Tentang Game Bersama General Manager Unity 3D Wilayah Asia, John Goodale

Berbicara Tentang Game Bersama General Manager Unity 3D Wilayah Asia, John Goodale

Posted by
Rama Mamuaya

January 28, 2012

Kami telah menuliskan banyak post tentang perkembangan industri game di Indonesia dalam beberapa bulan ke belakang. Kami bahkan percaya bahwa tahun 2012 ini akan menjadi tahunnya industri gaming di Indonesia. Akan banyak perusahaan game muncul tahun ini menyusul perusahaan yang sudah terlebih dulu hadir seperti Agate Studio, Altermyth, Toge Productions, dll

Salah satu faktor pendukung yang penting adalah penyedia engine/platform, persis seperti yang ditawarkan Unity3D. Bagi mereka yang belum pernah mendengar Unity3D, itu adalah tool untuk pengembangan video game, visualisasi arsitektur, dan instalasi media interaktif. Singkatnya, membantu orang mengembangkan game di environment 3D.

Lingkungan pengembangan Unity berjalan pada Microsoft Windows dan Mac OS X, dan permainan yang dihasilkan dari tool ini bisa dijalankan di Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, iPhone, serta platform Android. Unity juga dapat menghasilkan permainan di browser yang menggunakan plugin Unity web player, bisa digunakan di Mac dan Windows tapi belum kompatibel untuk Linux.

Dailysocial mendapat kesempatan untuk berbincang dengan John Goodale, General Manager Unity 3D untuk wilayah Asia. Sedikit latar belakang tentang Goodale:

John Goodale adalah General Manager Asia-Pasifik untuk Unity Technologies dan bertanggungjawab secara langsung bagi seluruh kegiatan operasional di wilayah Asia. John telah berkecimpung di industri game selama lebih dari 20 tahun dan telah memegang beberapa posisi kepemimpinan dalam karirnya. Di awal kariernya, ia fokus pada monetisasi game sebagai produser, manajer pemasaran produk, direktur perizinan dan manajer unit bisnis di permainan Sega penerbit, Activision dan Turner Entertainment.

Sejak 2007 ia berfokus pada pengembangan game di Asia, membangun dan memimpin tim besar dan meluncurkan bisnis Asia untuk perusahaan game engine sebagai General Manager Asia, Gamebryo, CryEngine dan sekarang Unity Technologies.

John sempat tinggal dan bekerja di Jepang, ia fasih berbahasa Jepang, dan telah melakukan bisnis di Asia selama lebih dari 20 tahun. John tinggal di Boise, Idaho dengan keluarganya tapi menghabiskan lebih dari 80% waktunya di tahun ini dengan melakukan perjalanan di seluruh Asia.

Tanpa basa-basi lagi, ini berikut wawancara DailySocial dengan Goodale:

Dapatkah Anda menceritakan tentang diri, pengalaman sebelumnya serta latar belakang Anda?

Di sisi pribadi, saya berumur 45 tahun, sudah menikah dan memiliki enam anak. Ketika saya tidak menghabiskan 300 hari per tahun di Asia, saya menikmati rumah saya di Boise, Idaho, di Pacific Northwest Amerika Serikat. Saya telah berada di industri game selama lebih dari 15 tahun, namun 10 tahun pertama saya di industri ini ada di sisi penerbitan, bekerja untuk penerbit Sega dan Activision. Saya mulai berkecimpung di sisi teknologi dalam industri lima tahun dan meluncurkan “Gamebryo” di Asia, dan juga meluncurkan “CryEngine” dari Crytek di Amerika Utara dan Asia.

Bagaimana Anda akhirnya memilih bekerja di industri game?

Saya akhirnya memilih di industri game sepenuhnya tanpa sengaja. Saya sedang melakukan pekerjaan konsultasi M & A untuk divisi client-server Fujitsu (Tokyo) pada pertengahan 90-an. Salah satu anak perusahaan mereka, Fujitsu PC Corporation, meminta saya untuk menemukan beberapa lisensi game PC buatan Amerika bagi mereka untuk dimasukkan ke dalam mesin DOS/V yang dijual ritel di Jepang. Jadi saya mencari perusahaan game untuk mendapatkan lisensi. Sisanya adalah sejarah.

Menurut Anda apa yang membedakan Unity3D dengan platform serupa lainnya? Apa keunggulannya?

Salah satu kekuatan inti Unity adalah skalabilitas, dan ini tercermin dalam tagline pemasaran kami “Democratizing Game Development.” dengan Unity, Anda dapat mengembangkan konten yang hebat jika Anda seorang individu yang menciptakan permainan puzzle sederhana untuk iOS, atau Anda dapat mengembangkan konten yang hebat jika Anda adalah studio dengan 1.000 karyawan yang membangun konten AAA di semua platform. Sisi teknologi dan model berkembang, benar-benar melayani seluruh komunitas pengembang.

Apa yang menjadi kelemahan Unity dan apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaikinya di masa depan?

Unity masih memiliki beberapa fitur high-end yang masih perlu kita mengimplementasikan, namun saya percaya kita masih dapat mencapainya seperti yang pernah kita lakukan sebelumnya bahwa kita adalah “the most advanced engine this side of a million dollars”. Anda akan melihat kemajuan dari Unity ketika kami merilis versi 3.5 bulan depan, dan versi 4.0 yang akan dirilis tahun ini, kami terus melakukan penambahan fitur high-end tanpa merusak engine atas perkembangan-perkembangan kecil.

Apa yang Anda pikirkan tentang industri game di Indonesia? Hanya sebagai pasar pengguna atau kami memiliki kesempatan untuk menjadi produsen?

Kami percaya bahwa Indonesia dan di seluruh Asia Tenggara, pasar game memiliki peluang yang sangat menarik. Itu sebabnya kami melakukan investasi di daerah ini. Sejauh yang saya tahu, kami adalah satu-satunya perusahaan engine/platform provider yang memiliki staf lokal di wilayah ini. Mr. Patrick Williamson berbasis di Singapura melapor secara langsung pada saya dalam menjalankan strategi di Asia, dan saya masih memiliki ruang untuk tambahan staf kepala dalam anggaran saya untuk tahun berjalan. Seiring perkembangan komunitas yang tumbuh di Indonesia, kami percaya bahwa wilayah ini memiliki kesempatan yang nyata untuk menciptakan beberapa hal besar yang bisa mendapat pengakuan global.

Apa yang Anda lihat di industri game Indonesia dalam 3-4 tahun ke depan?

Dibandingkan dengan Korea dan Cina, dimana semua gamer bermain game di PC atau game web online, serta Jepang di mana konsol menjadi raja sampai popularitas terbaru dari game SNS, Indonesia belum menemukan ceruk dalam industri game. Kami mengamati dengan seksama investasi yang dilakukan oleh perusahaan jejaring sosial asal Jepang di Indonesia, seperti juga berbagai operator game tradisional yang kuat di Cina dan Korea. Kami juga berencana untuk bekerja sama dengan lembaga pemerintah Indonesia dan kelompok pengguna lokal untuk menumbuh pengembangan game di Indonesia. Sangat sulit untuk mengatakan posisi industri game dalam 3-4 tahun ke depan, namun pasar PC, web dan mobile platform (dengan dukungan yang terus meluas), kita percaya bahwa kita ada di posisi yang baik untuk membantu mendorong pertumbuhan tersebut.

Apa yang Anda pikirkan tentang evolusi dari game selanjutnya?

Saya berharap saya memiliki bola kristal yang membantu saya mencari jawaban atas pertanyaan ini! Tapi yang jelas kita melihat beberapa pola yang menarik. Secara global, mobile gaming menggunakan hardware handheld yang lebih powerful akan tetap berkembang dan bertumbuh. Sebagai tambahan, permainan berbasis web akan semakin memberikan pengalaman yang labih baik; Unity Web Player milik kami juga terus bertumbuh dengan pengguna mendekati 5 juta per bulan. Teknologi baru dan yang terus berkembang, termasuk yang kami miliki, akan menjanjikan pengalaman bermain yang lebih baik dan terus berkembang. Sebagai sebuah perusahaan, kami akan terus aktif di komunitas developer global kami dan berharap bisa memberikan hasil yang fair atas pekerjaan dan rencana kami dalam menemukan apa yang developer inginkan, dan menawarkan platform yang tepat yang mendukung perkembangan saat ini, serta 3-4 tahun ke depan.

Saran untuk pengembang game Indonesia?

Unity! Unity! Unity! OK… So, sudah pasti saya akan mengatakan hal tersebut. Ada sebuah pidato yang biasanya saya berikan secara global dalam hal peran atau kegagalan dalam menjadi developer game yang sukses. Mungkin saya bisa memberikan pidato yang sama tersebut di Jakarta di waktu mendatang! :)

PS: Unity 3D akan mengadakan networking session dengan John Goodale, General Manager Asia untuk Unity, acara akan diadakan di Hong Kong Cafe, Jakarta hari Senin, tanggal 30 Januari 2012, mulai dari jam 2 siang sampai dengan jam 5 sore. Di sana, Anda akan bisa mendapatkan penjelasan dari John Goodale tentang trend perkembangan game saat ini dan masa mendapat serta kegiatan pengembangan dan pemasaran saat ini.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×