Opini 

Beberapa Layanan Penyedia Diskon Lokal: Kukuloba, Kriux, BeliPromo dan Diskon Kolektif

Beberapa Layanan Penyedia Diskon Lokal: Kukuloba, Kriux, BeliPromo dan Diskon Kolektif

Posted by
Wiku Baskoro

December 15, 2010

Setelah ada dua tambahan baru layanan daily deals beberapa waktu lalu yang dituliskan oleh DailySocial, berikut beberapa layanan serupa lain yang, berkutat di segmen layanan yang sama, yaitu memberikan penawaran diskon untuk produk atau jasa tertentu.

Beberapa mencoba memberikan layanan pembeda dengan menambahkan fitur atau fasilitas tambahan, yang lain mencoba memasuki pasar yang cukup niche dan yang lain mencoba mengambil jalur yang agak berbeda.

Kriux.com

Seperti namanya, Kriux menyediakan penawaran diskon untuk produk makanan, terutama yang berhubungan dengan udang. Sistem yang ditawarkan juga hampir sama dengan penawaran diskon atau potongan harga satu bungkus produk makanan, yang ditawarkan dalam jangka waktu tertentu serta jumlah pembeli kupon tertentu.

Pengguna bisa mencetak kupon diskon bisa mencatat di ponsel atau PC, dan sedang dikembangkan untuk kupon lewat SMS.

Kalau melihat dari penjelasan situsnya, layanan ini merupakan perpanjangan tangan dari industri rumahan binaan departemen kesehatan. Produk makanan udang dijual dengan sistem a la Groupon jadi beberapa penawaran diskon yang tersedia adalah produk udang yang dikemas secara modern.

Namun dipenjelasan lain, mereka juga akan memberikan penawaran diskon selain makanan, seperti fashion, restoran dan salon. Agak kurang jelas sebenarnya, apakah mereka hanya akan menyediakan produk makanan (udang) saja atau akan merambah ke jenis produk lain, tetapi bisa jadi untuk sementara mereka hanya menyediakan penawaran makanan namun ke depannya mereka juga menawarkan yang lain.

BeliPromo

Setelah sebelumnya layanan mereka menawarkan undian untuk mereka yang melakukan submit alamat email kini BeliPromo telah mulai memberikan penawaran diskon dari berbagai merchant di wilayah Jakarta.

Potongan diskon yang diberikan juga dalam kisaran yang sama, saat ini sedang berlangsung diskon 50% dan dikatakan oleh BeliPromo bahwa diskon mereka akan luar biasa. Prosedur layanan ini juga sama seperti layanan serupa lainnya, beli kupon dalam jangka waktu tertentu, print e-voucher dan tukarkan e-voucher di merchant.

Beberapa fasilitas lain untuk mengumpulkan pembeli kupon antara lain program referral dengan iming-iming Rp. 5.000 (berlaku kelipatan) untuk setiap teman yang bergabung di BeliPromo. Kemudian ada pula fasilitas undian untuk bagi-bagi voucher dari merchant dengan nilai tertentu, serta program ajak tiga teman untuk membeli kupon, dapat gratis satu kupon jika tiga teman ini melakukan pembelian kupon.

Kukuloba

Kukuloba menjelaskan diri mereka sebagai sebuah website iklan yang memberikan tempat bagi merchant untuk mengiklankan produk mereka dengan cara memberikan diskon, namun sistem yang digunakan sama dengan layanan daily deals lainnya, menyediakan kupon diskon dari merchant tertentu yang bisa dibeli oleh konsumen.

Kukuloba akan menyediakan penawaran diskon dari beberapa kota besar, namun sepertinya sampai saat ini mereka baru menyediakan merchant dari Bandung. Produk yang ditawarkan juga masih sedikit, seperti restoran dan perawatan kesehatan serta elektronik.

Ada batas waktu penawaran serta masa aktif kupon, sayangnya diskon yang dtawarkan tidak cukup bersaing dengan layanan sejenis, meski ini memang tergantung produk yang ada, namun diskon hanya berkisar antara 25% – 35%.

Diskon Kolektif

Startup ini adalah salah satu pemenang SparxUp Award, layanan diskon yang diberikan agak berbeda sesuai namanya kolektif, Diskon Kolektif menawarkan diskon dalam jumlah besar, artinya untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari potongan diskon maka jumlah pengguna yang mendaftar harus lebih banyak, antara 30 – 200 orang.

Dari situs resminya selain menawarkan penawaran diskon mereka juga menawarkan layanan promosi berbasis lokasi, pengguna bisa menentukan lokasi mereka dan melihat berbagai promosi yang ada di lokasi tersebut.

Namun Diskon Kolektif tidak hanya menyediakan penawaran diskon dalam jumlah pendaftar besar saja, mereka juga sepertinya ingin tetap mendapatkan pangsa pasar walaupun pengguna yang mendaftar untuk mendapat kupon sedikit, jadi jika jumlah pendaftar tidak memenuhi kuota tertentu maka kupon diskon tetap bisa digunakan hanya potongan harga lebih sedikit.

Potongan diskon bisa menjadi cara baru untuk melakukan promosi produk, selain untuk mendapatkan pembeli atas suatu merchant yang lebih banyak yang tentu saja semuanya berujung pada penjualan, ada strategi untuk melayani pasar niche termasuk pemilihan produk juga bisa menjadi strategi pelengkap.

Untuk layanan daily deals, seperti tetap akan terus bertumbuh, jumlah merchant yang banyak juga sepertinya menjadi salah satu faktor, belum lagi perilaku belanja konsumen kita juga tinggi. Edukasi pasar untuk layanan daily deals atau Groupon Clone juga masih dalam tahap pertumbuhan, namun kalau melihat animo konsumen (yang bisa dilihat dari jumlah pembeli kupon) menjadi iming-iming dari berbagai perusahaan untuk masuk kelayanan ini.

Kita nantikan siapa lagi yang akan masuk ke segmen ini dan siapa yang bertahan, dan kita lihat juga siapa saja yang akan saling bekerjasama.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×