• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

Basigi Ubah Nama Menjadi UpdateBanget

Basigi Ubah Nama Menjadi UpdateBanget

Posted by
Wiku Baskoro

January 26, 2011

Basigi adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh DetikLabs, info terakhir tentang layanan ini yang ditulis DailySocial adalah tentang penambahan pencarian untuk forum dan blog, setelah sebelumnya layanan ini menyediakan fasilitas pencarian untuk berita.

Lama tidak mampir ke situs mereka, ternyata kini namanya sudah berubah menjadi UpdateBanget dan menambahkan tab pencarian sosial dan web, jadi kini ada lima fasilitas utama, pencarian web, berita, pencarian untuk blog, kemudian forum dan terakhir sosial.

Saya sendiri tidak tahu pasti kapan tepatnya nama ini berubah (kalau ada pembaca DailySocial yang mengetahui bisa memberikan informasi pada kolom komentar), namun dengan perubahan nama ini sepertinya layanan pencarian kepunyaan Detik ini ingin mengejar nama yang lebih catchy dan gampang diingat. Untuk alamat situs, Basigi.com dan Updatebanget.com juga keduanya bisa diakses dan mengarahkan ke halaman situs yang sama.

Dengan penambahan pencarian sosial, pada halaman awal UpdateBanget (Basigi) juga disediakan trending topics berdasarkan waktu, yaitu 1 jam, 1 hari dan seminggu, dan semuanya berdasarkan topik lokal. Untuk pencarian sosial, UpdateBanget memberikan hasil pencarian dari Twitter, lengkap dengan keterangan waktu dari Tweet serta akun pengguna, termasuk tautan untuk menuju ke akun yang bersangkutan.

Selain itu, untuk hasil pencarian, ada keterangan tambahan pada bagian kiri dan kanan, yang berguna untuk kelengkapan hasil pencarian, seperti berita atau konten terkini dan terpopuler atau konten terkait lain dari berita, blog, forum yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Perubahan nama ini, bisa jadi akan lebih menonjolkan layanan UpdateBanget, sesuai nama, sebuah mesin pencari yang memberikan hasil pencarian lokal yang update dan relevan dengan berita serta konten yang sedang beredar di dunia maya, hasil pencarian lokal juga menjadi salah satu kelebihan yang ingin ditawarkan.

Beberapa mesin pencari lain juga mulai bermunculan, beberapa diantaranya juga menyasar hasil pencarian tertentu seperti PriceArea dan Inkuiri yang memberikan hasil pencarian untuk produk atau barang dari berbagai layanan jual beli online, serta yang baru dibahas DailySocial kemarin, YellowThemes yang memberikan layanan pencarian untuk themes dari berbagai CMS.

Apakah Anda pengguna layanan pencari lokal? Jika iya, layanan apa yang Anda gunakan dan dengan tujuan apa, mencari konten lokal atau menemukan hasil pencarian lain? Pendapat Anda kami tunggu pada kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×