• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Baru: Photo-tips dari Brightkite

Baru: Photo-tips dari Brightkite

Posted by
Wiku Baskoro

June 16, 2010

Brightkite, pemain ‘veteran’ layanan berbasis lokasi meluncurkan fitur baru, Photo-tips.

Upload foto tentang lokasi tertentu, di layanan berbasis lokasi ini memang bukan barang baru, pengguna telah bisa melakukan upload foto lokasi sambil chek-in dengan Brightkite. Tapi kini, Brightkite memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memberikan tips pada pengguna lain, pengguna yang melakukan upload foto bisa mengklasifikasikan foto mereka sebagai tips atau saran atas lokasi tertentu.

Seperti yang dijelaskan pada blog resmi Brightkite, pengguna Brightkite kini bisa meng-upload foto sebagai rekomendasi atas tempat, foto tampilan makanan tertentu, interior cafe atau lokasi lainnya, kepada teman atau relasi mereka atau pada seluruh dunia lewat aplikasi Brightkite. Tips atau saran ini bisa berupa kombinasi foto dan teks.

Selain itu, saran-saran ini juga dilengkapi dengan fitur ‘like’ sehingga saran yang baik atau disukai oleh pengguna lain akan tampil secara default ketika pertama kali lokasi tersebut ‘dibuka’ oleh pengguna di aplikasi Brightkite. Fitur Photo-tips ini telah tersedia bagi pengguna iPhone serta telah bisa dinikmati juga di aplikasi web mereka, dan akan tersedia untuk platform lain seperti BlackBerry, juga mungkin Nokia yang kini telah bisa menikmati aplikasi Brightkite yang bisa di download di Nokia Ovi Store.

Tips, Saran atau pendapat akan sebuah lokasi mungkin memang menjadi semacam fitur standar bagi layanan berbasis lokasi, Foursquare juga sudah punya fitur serupa (berbentuk teks) yang memberikan keterangan tambahan tentang suatu lokasi dari user. Tips atau saran ini memang tidak semuanya penting, terkadang muncul saran yang gak nyambung dan malah menggangu, tapi ketika pengguna layanan berbasis lokasi menjadi semakin ‘dewasa’, tips atau saran tidak hanya berguna bagi user itu sendiri tapi juga pelaku bisnis, atau pemilik lokasi.

Dan sepertinya itu yang ingin didapatkan oleh Brightkite, mengingat aplikasi ini kalah populer dari aplikasi sejenis, penambahan fitur Photo-tips mungkin bisa menaikkan pamor mereka, meskipun hal ini mungkin tidak akan bertahan lama sampai aplikasi lain juga meluncurkan fitur serupa.

Sayangnya ketika menulis artikel ini saya kesulitan untuk login, padahal saya sudah daftar aplikasi mereka lewat ponsel, dan ini menjadi salah satu kelemahan dibanding aplikasi lain yang relatif lebih mudah dan lancar untuk proses pendaftaran, jadi saya mengambil screenshot dari blog Brightkite.

Anda pengguna Brightkite, atau anda pengguna layanan berbasis lokasi lain, bagaimana pendapat anda dengan fitur Photo-tips dari Brightkite ini, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

ps: OOT jika anda membuka pengumuman resmi mereka di blog ini (semoga belum dirubah), coba perhatikan judul posting tentang fitur Photo-tips ini, mereka salah menulis nama brand mereka sendiri. :D

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×