• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Ayofoto! HD, Versi Terbaru dari Layanan Ayofoto!

Ayofoto! HD, Versi Terbaru dari Layanan Ayofoto!

Posted by
Wiku Baskoro

April 8, 2012

Ayofoto! telah meluncurkan versi layanan mereka yang paling baru yaitu versi 5.0. Versi ini telah diperkenalkan sejak tanggal 1 April 2012 lalu dan diperkenalkan dengan nama/sebutan Ayofoto! HD. Menawarkan beberapa fasilitas seperti tampilan yang lebih luas serta unggah foto yang lebih mudah.

Dari pengumuman yang diberikan lewat newsletter mereka, pembaruan versi terbaru ini difokuskan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna Ayofoto! dan perubahan tampilan mengikuti tren dan perkembangan yang sedang berlaku saat ini. Setidaknya ada tiga perubahan yang di highlight oleh Ayofoto!. Yang pertama adalah Ayofoto! HD (high definition), tampilan mereka yang baru ini disesuaikan dengan layar beresolusi tinggi, minimal lebar 1280 pixel dengan memaksimalkan akses layanan mereka dari tablet, monitor komputer dengan resolusi lebar 1280px dan TV HD yang memiliki fasilitas internet TV.

Yang kedua adalah kemudahan proses bagi pengguna yang ingin mengunggah foto di layanan Ayofoto!. Kini pengguna yang telah terdaftar menjadi anggota tidak perlu mengisi daftar alat dan memberikan komentar foto terlebih dahulu. Sedangkan yang ketiga adalah tampilan baru pada fitur bursa di Ayofoto! dengan tampilan baru yang lebih informatif serta foto produk yang kini lebih besar.

Disebutkan pula bahwa selain tiga perubahan ini ada ratusan perbaikan dan peningkatan dari versi sebelumnya (versi 4) layanan mereka, meski tidak disebutkan secara detail, tetapi perkiraan saya, selain 3 hal baru di atas adalah lebih ke hal teknis dan optimasi layanan mereka. Selain itu, Ayofoto! juga mengatakan bahwa akan ada fitur unggulan lain yang akan segera dirilis.

Saya sendiri sudah lama tidak mampir ke situs ini, namun kalau melihat dari tampilan yang sekarang terlihat rapih, dengan pengelompokan dan tampilan keterangan foto yang diunggah pengguna yang cukup enak dilihat. Saya juga mencoba untuk melihat tampilan di iPad untuk mencoba melihat galeri foto terbaru, menyenangkan termasuk ketika ingin melihat tumbnail foto jika penguna menggungah lebih dari satu foto. Tampilan foto ketika memilih salah satu foto untuk dilihat secara detail juga cukup baik. Hanya saja ada sedikit ketidaknyamanan ketika membuka situs Ayofoto! dengan laptop, saya harus menggeser layar untuk melihat tampilan situs Ayofoto! secara penuh, hal ini tidak terjadi ketika membuka situs Ayofoto! mengunakan iPad, tampilan situs bisa dilihat secara penuh tanpa harus menggeser, padahal saya menggunakan laptop dengan resolusi layar lebar 1280px.

Ayofoto! sendiri merupakan salah satu layanan ‘senior’ yang telah ada sejak 2005, memenangi beberapa kompetisi serta mendapatkan omzet sekitar 100 juta per bulan (hanya dari penjualan foto saja) dan anggota lebih dari 40.000 anggota (data Oktober 2011 dari MajalahDuit), dengan pertumbuhan komunitas foto dan pengguna kamera serta kegiatan fotografi yang terus berkembang, layanan yang menjadi semacam layanan versi lokal dari layanan stok foto seperti Getty Image atau iStockphoto ini tetap menarik untuk dicermati, terutama di era fotografi yang kini memasuki era foto perangkat bergerak serta era dimana sharing foto menjadi salah satu kegiatan ‘wajib’ dari pengguna internet.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×