1. Startup

Apple Kini Buka Akses Unduh Aplikasi Versi Lama Bagi Perangkat Apple Lawas

Ada kabar gembira bagi pengguna iPhone, iPad, dan juga iPod Touch lawas yang perangkatnya tentu tak kompatibel dengan iOS 7. Kabar gembira ini bukan iOS 7 akan dihadirkan pada perangkat-perangkat “tua” macam iPhone 3GS, iPad 1, dan lain sebagainya namun, Apple dikabarkan telah memberikan akses bagi pengguna perangkat jajaran lama tersebut untuk mengunduh aplikasi versi lama ke dalam perangkatnya.

Sebelumnya, pengguna yang tak mendapat update OS terbaru tentu dikecewakan dengan terbatasnya aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh. Semisal, jika Anda ingin mengunduh aplikasi Twitter pada perangkat iPhone 3G Anda melalui App Store, tentu perangkat yang Anda miliki tak kompatibel dengan versi Twitter yang kini beredar membutuhkan OS terbaru. Namun sekarang hal tersebut telah dihilangkan dan kini saatnya menyelamatkan perangkat lawas Apple Anda dari tong sampah.

Dilaporkan oleh The Next Web padahari Rabu (17/9), Apple terdeteksi telah melakukan ubahan pada layanan unduhan aplikasinya di App Store. Dalam hal ini, pengguna yang ingin mengunduh aplikasi namun terbentur dengan masalah minimum requirements dari OS yang dipakai tak perlu kecewa lagi. Pasalnya, setelah melakukan proses unduhan, secara otomatis pengguna akan diberikan pilihan apakah ingin mengunduh aplikasi tersebut dengan versi lama yang tentu kompatibel dengan perangkat lama Anda.

Hal ini tentu menyenangkan. Karena selain memberikan “harapan” baru bagi perangkat Apple lama, tentunya pengguna yang mungkin masih nyaman dengan perangkat lawasnya tersebut masih tetap dapat stay up to date dengan menggunakan beragam aplikasi-aplikasi populer. Dalam layanan ini, pengguna akan ditampilkan layar peringatan jika versi dari aplikasi yang ingin diunduhnya tersebut hanya kompatibel dengan OS terbaru, asiknya kini pengguna diberi opsi untuk dapat mengunduh aplikasi yang diinginkannya tersebut dalam versi lama yang tentu kompatibel dengan versi sistem operasi yang dipakainya sekarang.

Langkah Apple dalam memberikan fasilitas yang memberikan angin segar bagi pengguna perangkat iOS lama tentu merupakan langkah yang sangat baik demi menjaga pengguna agar terus setia menggunakan perangkat Apple. Tidak seprti halnya dengan Google yang “mematikan” perangkat Android lawas, Apple mencoba kembali merangkul penggunanya yang masih betah menggunakan perangkat Apple lamanya sebagai alat komunikasi multimedia dengan jajaran aplikasi yang luar biasa.

Langkah terbaru Apple ini, selain menguntungkan bagi dari sisi pengguna, juga dinilai mampu memberikan keuntungan yang lebih terhadap para pengembang yang bisa dibilang pendapatannya mungkin akan bertambah seiring dengan dibukanya lagi akses terhadap aplikasi-aplikasi versi lama yang dari sekian aplikasi yang hadir di app store tentu sebagian merupakan aplikasi berbayar dan itu berarti pemasukan tambahan bagi developer.

Langkah ini sejatinya patut dicontoh oleh Google dengan Android-nya. Baik iOS maupun Android sendiri, keduanya sama-sama memiliki pengguna setia dan itu jumlahnya tak sedikit. Dengan pembukaan kembali akses terhadap aplikasi versi lama, tentu selain akan mendatangkan pendapatan tambahan, di sisi lain langkah ini juga mampu mengurangi jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi secara ilegal seperti via jailbreak, maupun rooting bagi pengguna Android.

[Sumber foto]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again