• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Aplikasi Pencarian Google Terbaru Untuk iPhone

Aplikasi Pencarian Google Terbaru Untuk iPhone

Posted by
Wiku Baskoro

March 16, 2011

Google perbaharui aplikasi untuk perangkat begerak mereka, yang bisa digunakan di iPhone atau iPod Touch. Awalnya aplikasi ini bernama Google Mobile App kini berubah menjadi Google Search App.

Perubahan paling besar tentunya dari tampilan, kemudian berbagai fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini. Jika sebelumya tampilan aplikasi Google untuk iPhone ini tampak polos dan ‘sederhana’ kini tampilan awal mereka akan tampak logo Google, dengan berbagai fasilitas, seperti melakukan sign in dengan akun Google, kolom pencarian serta button app sebagai shortcut bagi mereka yang ingin menggunakan berbagai layanan Google lainnya.

Pengalaman dalam menggunakan aplikasi ini juga berubah total. Anda bisa menggeser ke bawah layar untuk melihat hasil pencarian dan menyembunyikan logo Google, geser ke atas kembali untuk memunculkannya. Setelah melakukan pencarian, Anda juga bisa menggeser layar ke kanan untuk membuka toolbar menu yang juga bisa ditemukan di Google Search versi web, di sini Anda bisa melakukan pencarian sesuai dengan preferensi Anda, misalnya menampilkan hasil pencarian gambar, blog atau yang lain. Fasilitas ini bisa dilakukan sebelum melakukan pencarian atau setelah melakukan pencarian.

Hampir bersamaan dengan peluncuran versi terbaru dari aplikasi Google Search untuk iPhone ini, Google juga mengadakan acara untuk memperkenalkan hasil pencarian dengan menggunakan suara untuk pengguna Indonesia, Google Voice Search Indonesia di Senayan City. (Akan diulas lebih lanjut di artikel DailySocial yang lain).

Aplikasi untuk iPhone dari Google terbaru ini juga memang menyertakan berbagai fasilitas lain, seperti Google Goggles (termasuk untuk pengguna iPhone 3G yang sebelumnya tidak bisa menggunakan fasilitas ini) kemudian fasilitas pencarian dengan suara, yang cukup spesial karena Indonesia menjadi negara pertama yang bahasanya diintegrasikan pada layanan pencarian suara, yang berarti hasil pencarian menggunakan suara telah dioptimalisasikan untuk bahasa Indonesia.

Aplikasi terbaru untuk Google Search ini sepertinya akan menjadi salah satu aplikasi favorit saya, bukan hanya tampilannya yang menyenangkan serta berbagai fitur untuk melakukan sortir pencarian namun fasilitas Google Goggles-lah yang akan membuat semuanya lebih menarik.

Fasilitas ini memungkinkan kita untuk melakukan pencarian dengan melakukan foto akan suatu objek, nantinya Google akan menganalisis dan memberikan berbagai informasi akan objek yang kita foto. Ambil foto akan sebuah objek, saya mencobanya pada kaver buku maka nantinya akan ada penjelasan singkat pada pojok kiri bawah, tap maka Anda akan diarahkan pada hasil pencarian dari foto yang Anda ambil.

Untuk lebih jelas tentang gambaran Google Search untuk iPhone, Anda bisa membaca tautan ini atau melihat video penjelasan berikut. Anda bisa mengunduh aplikasi ini dari iTunes App Store secara gratis.

Oh ya, satu lagi, fasilitas help dari aplikasi ini tidak kalah keren, saran saya Anda mencobanya dengan tap ikon tanda tanya. :D

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×