1. Startup

Aplikasi Mobile Express Now Berikan Fasilitas Pesan Taksi secara Instan

Taksi Express mengumumkan kehadiran aplikasi Express Now untuk memesan taksi secara langsung. Tersedia untuk platform iOS dan Android, munculnya Express Now merupakan langkah mengejutkan karena sebelumnya Taksi Express sudah memiliki solusi pemesanan taksi untuk platform mobile. Aplikasi versi baru ini dikembangkan oleh Bsmart Malaysia dengan prototipe yang sama seperti yang digunakan oleh Unicablink.

Pada prinsipnya, Express Now memberikan fitur pemesanan taksi secara langsung. Setelah dipesan, taksi yang terdekat berdasarkan posisi GPS akan langsung mendatangi lokasi kita. Tidak ada fasilitas penjadwalan penjemputan. Hal ini berbeda dengan aplikasi Taksi Express yang memungkinkan kita mengatur kapan kita ingin dijemput.

Orang mungkin akan langsung membandingkan fungsi Express Now dengan Uber yang sedang menjadi buah bibir karena rencana pelarangannya oleh Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta. Secara umum kegunaannya sama karena hasil yang ingin diperoleh melalui aplikasi ini adalah kedatangan penjemput/taksi dengan secepat-cepatnya. Keunggulan Uber ketimbang aplikasi sejenis adalah kemampuannya menyimpan profil dan data pembayaran pengguna. Menggunakan Uber, konsumen tidak perlu lagi pusing menyiapkan uang tunai atau memberikan tip tambahan.

Direktur Keuangan Taksi Express David Santoso dalam peluncuran aplikasi ini yang dikutip dari Kontan menyebutkan, "Sistem ini kami luncurkan mengingat banyaknya permintaan pelanggan sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat di jaman modern yang semakin hari membutuhkan sesuatu yang praktis dan cepat. Dengan Express Now, pemesan bisa mengetahui lokasi Taksi karena aplikasi ini juga memiliki GPS."

Yang menjadi issue lebih besar, setelah aplikasi pemesanannya menjadi semakin bagus, adalah ketersediaan taksi untuk menjawab panggilan tersebut. Saya pribadi pernah mencoba menggunakan aplikasi Taksi Express dan ternyata mereka tak mampu menyediakan taksi yang diinginkan ataupun memastikan kapan konsumen bisa memperoleh penjemputan. Uber, di sisi lain, bisa memberikan estimasi berapa lama kita bisa dijemput sesuai dengan perkiraan jarak dan kepadatan lalu lintas.

Dengan ramainya polemik Uber, sesungguhnya kita berharap layanan taksi lokal bisa lebih baik lagi melayani pelanggan dengan fasilitas perangkat digital. Sudah bayak perbaikan yang saya lihat di Taksi Express, termasuk prosedur penyalaan argo dan pembayaran, yang mengakomodasi kecanggihan teknologi. Semoga solusi Express Now juga bisa memenuhi harapan yang sama.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again