• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Review 

Aplikasi iOS dari Axis Sediakan Fasilitas Bagi Pengguna iPad untuk Lakukan Top Up Pulsa Secara Mudah

Aplikasi iOS dari Axis Sediakan Fasilitas Bagi Pengguna iPad untuk Lakukan Top Up Pulsa Secara Mudah

Posted by
Aulia Masna

March 22, 2012

Mengingat ketergantungan pada aplikasi smartphone, cukup mengherankan jika sebagian besar perusahaan telekomunikasi mobile Indonesia belum memaksimalkan aplikasi sebagai sarana untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Di sisi lain, jumlah pengguna smartphone mungkin belum mencapai jumlah yang dipertimbangkan oleh para telco/operator sebagai justifikasi untuk membuat aplikasi mobile bagi berbagai platform smartphone. Lagipula, sebagian besar pelanggan mobile masih menggunakan feature phone dan mereka sepertinya cukup puas dengan berbagai cara yang ada (SMS, call center) untuk mengakses berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan oleh telco.

Satu operator mobile yang mencoba memberikan layanan lewat aplikasi adalah Axis. Meski mereka bukan operator resmi iPhone, baru-baru ini Axis meluncurkan aplikasi iPhone bagi konsumen mereka yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan fungsi utama yang berkaitan dengan pembelian layanan paket data. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk melihat detail akun mereka, melakukan top up pulsa, membeli paket data serta melakukan transfer pulsa.

Ketika pertama kali menjalankan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk membuat akun yang membutuhkan nomor telepon Anda, nama, alamat email serta password. Setelah mengatur akun, Anda bisa menjelajahi aplikasi tersebut.

Pada pilihan menu Accounts, Anda bisa melihat jumlah pulsa Anda, melakukan isi ulang, men-transfer pulsa ke nomor Axis lain, atau memperpanjang masa aktif nomor Anda. Anda juga bisa mengubah password Anda jika mau. Untuk mengisi pulsa, Anda masih diharuskan untuk membeli pulsa untuk top up secara terpisah yang juga bisa dilakukan lewat ATM.

Tidak ada cara untuk membeli pulsa secara langsung dari aplikasi karena hal ini akan membuat Axis harus membayar kepada Apple 30% dari setiap transaksi seperti yang biasa terjadi untuk pembelian di dalam aplikasi. Sedangkan untuk transfer pulsa dibatasi maksimal Rp 50.000 per transfer dengan minimum Rp 5000.

Menu kedua adalah Packages. Menu ini memungkinkan Anda untuk penggunaan data Internet dan membeli paket data. Anda juga bisa mendapatkan informasi paket data langganan Anda, berapa banyak data yang telah Anda gunakan serta batas waktu paket data Anda.

Menu ini akan menampilkan daftar pilihan paket data yang tersedia bersamaan dengan harga masing-masing paket data. Sayangnya tidak ada penjelasan detail. Untuk mendapatkan informasi yang lebih relevan dari paket data seperti kecepatan yang ditawarkan untuk setiap paket serta fair usage quota, Anda harus membuka situs resmi Axis. Anehnya, aplikasi iPhone memungkinkan Anda untuk membeli paket data BlackBerry yang ditujukan untuk nomer ponsel Anda. Seolah-olah paket data BlackBerry bisa bekerja untuk iPhone.

Untuk fasilitas Notification, selama saya mencoba aplikasi ini terlihat kosong dan belum ada penjelasan tentang apa kegunaannya. Menu Hot Promotion sudah cukup jelas, terkadang kosong namun terkadang menampilkan berbagai penawaran promosi.

Kesan secara keseluruhan dari aplikasi ini: cukup berguna. Meski SMS atau interaksi kode pendek berguna secara baik diberbagai tipe ponsel dan tidak membutuhkan investasi tambahan dari para perusahaan telekomunikasi, ketersediaan aplikasi akan membuat performa berbagai fungsi yang disebutkan di atas lebih menyenangkan untuk diakses. Tidak ada lagi kegiatan menjelajah menu serta mengingat-ingat kode pendek untuk mengakses menu layanan, untuk sebagian besar bagian semua tersedia dan diberikan label yang jelas.

Memang aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan, seperti fasilitas untuk membeli paket suara atau SMS, berlangganan ke layananlain seperti ringback tone, pesan suara premium, serta fasilitas premium lain yang ditawarkan Axis, yang telah ada di menu dengan sistem kode pendek. Di sisi lain, banyak layanan yang ada tidak kompatibel dengan iOS, jadi kalaupun ditawarkan pada aplikasi untuk iPhone, sebenarnya juga tidak berguna.

Aplikasi ini sebenarnya amat sangat berguna untuk iPad 3G. Karena iPad tidak memiliki fasilitas SMS, aplikasi seperti ini akan sangat membantu dan akan menghilangkan kerepotan mengeluarkan kartu SIM dan menemukan ponsel yang menggunakan micro SIM untuk melakukan berbagai fungsi yang berhubungan dengan layanan telco – misalnya isi pulsa. Tentu saja, jika menggunakan langganan paska bayar, hal ini menjadi lebih mudah, tetapi 80% pelanggan mobile di Indonesia menggunakan layanan pra bayar.

Mengapa Axis merilis aplikasi ini? Jaringan ini sebenarnya salah satu yang terkecil di Indonesia, mereka juga bukan penyedia layanan resmi untuk iPhone, mereka tidak memiliki banyak pelanggan yang menggunakan iPhone atau iPad, dan koneksi data 3G mereka bukanlah yang terluas ataupun paling terjamin. Mungkin karena menerapkan strategi berbasis penggunaan data, perusahaan ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna iOS yang menggunakan layanan mereka, dan meraih lebih banyak pengguna iOS agar menggunakan layanan Axis.

Apakah operator lain sebaiknya menawarkan aplikasi serupa untuk pengguna iOS? Tentu saja, terutama Telkomsel dan XL yang merupakan mitra operator resmi di Indonesia. Mengapa mereka belum merilis aplikasi seperti ini? Salah satu sumber internal mengatakan bahwa mereka minimal membutuhkan jaminan 100.000 instalasi aplikasi di perangkat iPhone – iPad, namun ini bukan informasi yang resmi. Tidak yakin juga apakah memang ada kebijakan seperti ini, namun jika memang benar ada, sepertinya menjustifikasi tingkat pengembalian investasi lebih penting daripada memberikan layanan yang membantu pelanggan.

Aplikasi Axis untuk iPhone tersedia secara gratis di App Store.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×