1. Startup

Aplikasi Direktori Darisini Untuk iOS Sesuaikan Tampilan Untuk iOS 7, Versi Android Ditarik

Aplikasi direktori lokal, Darisini, pada hari Rabu (23/4) merilis versi baru untuk platform iOS. Melalui tampilan yang jauh lebih segar, Darisini kini memiliki antarmuka yang disesuaikan untuk iOS 7 dan tentunya juga untuk iPhone dengan layar berukuran 4 inci yang kini menjadi acuan utama untuk aplikasi-aplikasi terbaru.

Jika Anda pengguna perangkat iPhone keluaran terbaru seperti iPhone 5, 5C, atau 5S, menggunakan aplikasi Darisini terasa janggal karena tampilan yang diusungnya dirancang untuk layar berukuran 3,5 inci sehingga terlihat ada baris hitam di bagian atas dan bawah layar. Selain itu, tampilan Darisini juga sampai kemarin masih menggunakan gaya iOS lama yang cukup kontras dengan karakteristik tampilan iOS 7, sehingga mungkin terlihat kurang cocok.

Sekilas tidak terlihat perubahan yang berarti dari sisi navigasi maupun elemen dan antarmuka aplikasi ini, karena memang hanya menyesuaikan dengan konvensi tampilan yang kini diusung oleh Apple. Untuk detail perubahan lebih jauh, kami telah melayangkan email kepada pengembang Darisini dan akan mengabarkan jika telah ada balasan.

Dengan tampilan yang sedemikian rupa pada update terbaru ini tampaknya Darisini tak menawarkan hal baru yang mungkin bisa meningkatkan pengalaman pengguna. Terakhir kami sempat menyinggung soal fitur Augmented Reality (AR) pada Darisini. Kala itu kami memberi catatan khusus bahwa fitur yang saat itu masih dalam masa ujicoba bisa menjadi fitur andalan yang cukup berarti dibandingkan aplikasi lain yang serupa. Namun sampai saat ini sepertinya fitur augmented reality tidak dikembangkan lebih jauh dan tampaknya memang tidak lagi tersedia pada versi terbaru Darisini.

Sebagai catatan, aplikasi Darisini versi Android sudah tidak tersedia dari Google Play dan kami juga telah menanyakan hal tersebut kepada pihak pengembang melalui email. Aplikasi yang dikembangkan oleh Firman Maulana, Thomas Arie Setiawan, dan Fredy Sudjono ini memang sudah cukup lama tidak mendapatkan pembaruan. Versi iOS-nya terakhir diperbarui pada bulan Juli 2012.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again