• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Ainun: Aplikasi Berbagi Foto Dengan Konten Islami

Ainun: Aplikasi Berbagi Foto Dengan Konten Islami

Posted by
Avi Tejo Bhaskoro

July 9, 2013

Beribadah dan mendekatkan diri kepada Illahi bisa dengan berbagai cara. Melalui perkembangan teknologi yang kian pesat, dengan hanya menggunakan sebuah perangkat smartphone kita dapat mendekatkan diri dengan sang pencipta dimana saja dan kapan saja berkat aplikasi terbaru yang diberi nama Ainun. Mobile app hasil racikan dua developer lokal berbakat – Weirdsgn dan Dihardja Software Solutions ini dirasa mampu memberikan cara termudah untuk mengingat dan berbagi berkah indah dari sang khalik.

Ainun, yang dalam bahasa Arab memiliki arti “Mata”, merupakan aplikasi yang menawarkan fitur photo sharing kepada sesama pengguna dengan dirancang khusus untuk umat Islam yang tak hanya melakukan sisi ibadah namun juga menghadirkan kreatifitas dalam berbagi kepada sesama. Bisa dibilang, Ainun merupakan aplikasi yang dirancang sedemikian rupa sebagai tools untuk setiap kaum muslim untuk berbagi pada setiap momen melalui “mata” seorang muslim.

Pada aplikasi Ainun, pengguna diajak berbagi foto dan momen seperti layaknya aplikasi populer seperti Instagram dan lain sebagainya, namun aplikasi yang notabene “diperuntukkan” untuk kaum muslim tersebut, fitur editing fotonya pun hadir dengan nuansa islami seperti misalnya penambahan goresan-goresan kaligrafi pada foto yang ingin disebarkan, dan kutipan-kutipan inspiratif dari ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dapat di-embed ke dalam foto yang dapat dibagi kepada sesama pengguna.

Ainun dirancang dengan navigasi yang sangat mudah dioperasikan. Begitu pula dengan tampilannya yang sederhana dan mampu memberikan arahan yang sangat terjangkau membuat aplikasi ini sangatlah user friendly bagi seluruh pengguna.

Selain fitur yang disebut di atas tadi, Ainun juga menawarkan fitur editing foto seperti aplikasi lainnya yang serupa seperti pilihan filtering foto yang dapat dipilih hingga 10 macam, penambahan teks yang customize-able dengan berbagai pilihan jenis font yang beragam, serta berbagai fitur editing lainnya yang menarik untuk dicoba. Salah satu fitur lain yang tak kalah penting bagi aplikasi ini adalah ketersediannya fitur berbagi ke berbagai social media populer yang saling terintegrasi seperti Facebook, Twitter, Path, Google+, dan bahkan Instagram untuk jangkauan berbagi lebih luas ke seluruh jejaring sosial yang ada.

Dalam memasuki bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, aplikasi ini diharapkan mampu hadir sebagai alternatif bagi banyak pengguna smartphone dalam berbagi apa saja melalui interaksi di social media, sehingga membuat aktifitas dalam bulan Ramadhan dapat lebih bermakna dan tentunya lebih berwarna. Tak sampai situ, Ainun yang dikembangkan oleh Aditya Nugraha Putra (founder Weirdsgn) dan Michael Dihardja (founder dihardjasoftware) ini sepertinya mampu bersaing dengan aplikasi serupa yang berasal dari Malaysia, InstaDeen.

Aplikasi Ainun yang baru diluncurkan pada akhir Juni kemarin, telah dapat diunduh secara gratis bagi pengguna smartphone berbasis iOS. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut lagi mengenai kehadiran aplikasi ini pada platform lain seperti Android, Windows Phone, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui seperti apa aplikasi sharing photo bagi umat muslim ini, Anda dapat kunjungi laman resmi Ainun di sini atau dapat langsung unduh aplikasinya di App Store.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×