1. Startup

Ancol Gunakan Game dari Kompetisi 'Coding on the Beach' Sebagai Media Promosi Baru

Ancol Games Developer Competition: Coding on the Beach, telah selesai diselenggarakan Sabtu-Minggu kemarin di pantai Bende, Ancol. Acara kerja sama antara Taman Impian Jaya Ancol, Nokia Developer, dan Agate Studio tersebut mengajak para pengembang untuk mengembangkan sebuah prototype game yang terkait dengan berbagai sarana rekreasi di kawasan Ancol dalam waktu 24 jam.

Hasilnya, dari 17 tim yang mengikuti acara ini, tim Own Games yang menggarapgame tentang lumba-lumba, dipilih menjadi juara pertama. Juara kedua dan ketiga dalam event ini adalah tim Studio Independent dan tim ChocoArts.

Meskipun acara tersebut telah selesai, selanjutnya para pengembang game tersebut tetap diminta untuk melanjutkan pengembangan prototype yang telah dibuat menjadi game siap rilis. Selama tahap ini, pengembang akan didampingi oleh Agate Studio, termasuk diminta untuk memberikan laporan mingguan setiap hari Jumat. Diharapkan, game hasil karya para pengembang ini sudah dapat diunduh di Nokia Store pada 14 Agustus mendatang.

Media Promosi

Metty Y. Harahap, Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol, seperti dikutip oleh Kompas Tekno menyebutkan bahwa game-game hasil karya para pengembang dalam rangkaian acara ini akan dipakai sebagai media promosi baru bagi pihak Taman Impian Jaya Ancol. Game-game yang akan dirilis nantinya akan menggunakan tema dan karakter dari Taman Impian Jaya Ancol. Selain itu, pihak Ancol juga akan menggunakan game ini untuk membagikan promo dan diskon kepada konsumen yang memainkan game ini. Dengan cara-cara tersebut, Metty berharap segmen konsumen yang akrab dengan gadget, terutama buatan Nokia akan tertarik untuk mengunjungi pantai Ancol dan taman bermain Dufan.

Bagi pengembang sendiri, dengan menyelesaikan pengembangan game dari kompetisi ini, akan memperoleh keuntungan berupa promosi oleh pihak Ancol melalui beberapa media, baik online maupun offline. Dengan demikian, game tersebut dan nama pengembangnya, akan dikenal oleh kalangan pengunjung kawasan wisata Ancol.

Ramainya dunia aplikasi mobile terutama game di Indonesia tahun ini, tampaknya menjadi primadona baru bagi pemilik merk maupun perusahaan sebagai media promosi dan iklan. Setelah Ancol dan Gramedia Majalah, sepertinya dalam beberapa bulan mendatang, akan ada beberapa perusahaan yang lain yang melakukan usaha promosi melalui aplikasi mobile.

[Sumber Gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again