1. Startup

Alfamart Luncurkan Layanan E-Commerce AlfaOnline

Salah satu jaringan warlaba terbesar di Indonesia, Alfamart, pada hari Selasa lalu meluncurkan layanan e-commerce yang diberi nama Alfaonline. Dilansir oleh The Jakarta Globe, Direktur IT Alfamart, Bambang Setiawan Djojo menyatakan bahwa dengan diluncurkannya layanan ini Alfamart adalah retail minimarket pertama yang memiliki situs e-commerce di Indonesia.

Pada situs Alfaonline, pengguna bisa memesan dan membeli barang dari toko-toko retail Alfamart. Setelah melakukan pembelian, pengguna kemudian bisa memilih apakah barang tersebut nantinya dikirimkan ke alamat tertentu atau diambil di salah satu toko retail Alfamart. Hanya saja, untuk saat ini Alfonline baru bisa melayani pengiriman barang ke alamat yang ada di wilayah Jabodetabek. Demikian juga, pengambilan langsung di toko retail Alfamart pun hanya bisa dilakukan di toko-toko yang berada di wilayah Jabodetabek.

Saat saya mencoba menggunakan layanan ini, saya dapati bahwa pengambilan barang di toko yang saya pilih ternyata baru bisa dilakukan pada hari Jumat meskipun saya melakukan pemesanan pada hari Kamis siang. Sayangnya saya tidak sempat mencoba berapa lama waktu yang diperlukan jika saya memilih barang tersebut dikirimkan ke alamat saya. Jika pengiriman barang berdurasi sama lambatnya dengan pengambilan di toko retail, rasanya lebih baik jika membeli barang langsung saja ke toko retailnya tanpa perlu melakukan pemesanan secara online terlebih dulu.

Meskipun demikian, secara umum saya memandang proses interaksi di stius Alfaonline ini cukup baik. Aplikasi bisa menyimpan lebih dari satu alamat pengiriman milik pengguna dan pengguna bisa memilih alamat mana yang dijadikan default. Selain itu, untuk pengambilan di toko retail pun, aplikasi sudah bisa dengan tepat mengeluarkan alamat toko yang saya maksudkan dalam formulir pencarian.

Untuk pembayaran, Alfaonline memfasilitasi beberapa metode pembayaran. Saat ini alternatif metode pembayaran yang bisa digunakan adalah e-voucher Alfamart, Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, dan XL Tunai. Untuk bisa melakukan pemesanan, transaksi yang dilakukan harus bernilai lebih dari Rp 50.000,-. Sebagai informasi tambahan, masih dari sumber The Jakarta Globe tadi, untuk pemesanan dengan nilai transaksi lebih dari Rp 100.000,- maka pembeli tidak dikenakan biaya pengiriman.

Hadirnya layanan Alfaonline ini tentunya semakin meramaikan pasar e-commerce Indonesia, apalagi mengingat secara offline Alfamart adalah sebuah jaringan yang berskala nasional. Satu pertanyaan yang menggelitik saya, apakah Indomaret akan menyusul?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again