1. Startup

Akamai: Indonesia Alami Peningkatan Signifikan Dalam Arus Jaringan Internet Global

Akamai Technologies – Sebuah perusahaan platform komputasi awan, kemarin baru saja melaporkan data statistik terbaru kondisi internet kuartal ke-empat tahun 2012 di seluruh dunia. Termasuk diantaranya Indonesia.

Data yang dirangkum dan dirilis oleh Akamai Intelligent Platform ini memaparkan informasi terbaru mengenai data statistik global termasuk kecepatan koneksi, lalu lintas serangan jaringan, serta konektivitas dan ketersediaan jaringan dan di dalamnya termasuk data statistik Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah pengguna Internet yang mencapai 63 Juta pengguna atau sekitar 24,23% dari total populasi di negara ini.

Dalam data statistik yang dilaporkan 5 Mei lalu, Indonesia memiliki sejumlah peringkat yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa figure yang menjadi konsentrasi utama dalam laporan statistik ini. Dalam laporannya, Indonesia menduduki peringkat 109 diantara negara-negara lainnya di regional Asia Pasifik dalam chart kecepatan rata-rata koneksi internet secepat 1,4 Mbps. Angka ini ternyata jauh mendahului negara tetangga seperti Filipina dan India yang masing-masing menduduki peringkat 113 dan 116.

Ada catatan penting dalam chart ini, peringkat yang diperoleh Indonesia pada kuartal ke-empat tahun 2012 kemarin ternyata mengalami peningkatan sebesar 86% dari tahun lalu. Hal ini menunjukkan pertumbuhan Internet di Indonesia yang begitu pesat sehingga kemudian menghasilkan angka peningkatan yang paling fantastis dibanding dengan negara-negara lainnya di regional Asia Pasifik, bahkan mengungguli peringkat pertama pada chart tersebut yaitu Korea Selatan dengan speed average mencapai 14 Mbps, kemudian disusul dengan Jepang dengan speed average mencapai 10 Mbps. Kedua negara tersebut hanya mengalami pertumbuhan yang tidak seberapa dibanding Indonesia.

Mengenai data statistik lainnya, Indonesia ternyata juga mengalami peningkatan yang luar biasa. Pada figure Average Peak Connection Speed yang juga dirilis bersamaan, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-59 setelah pada kuartal ke-empat tahun kemarin, Indonesia sempat mencapai speed dengan kecepatan mencapai 16,8 Mbps mengungguli negara-negara berkembang lainnya di regional Asia Pasifik seperti Filipina dan juga Vietnam. Pada chart kali ini, Indonesia juga mencetak angka peningkatan sebesar 153%, lagi-lagi mengungguli negara-negara maju lainnya yang berada pada puncak posisi chart ini seperti Hongkong, Korea Selatan, Jepang, bahkan China yang memiliki jumlahi populasi terbanyak di dunia.

Bagaimana dengan konektivitas seluler di Indonesia? Menurut hasil pantauan Akamai, pada kuartal yang sama di tahun 2012, Indonesia dalam chart konektivitas seluler (>4 Mbps) berhasil menduduki peringkat 70 dengan persentase kecepatan diatas 4mb sebesar 2,5%. Peringkat ini juga mengungguli negara tetangga seperti Filipina dan juga Vietnam.

Dilihat dari data laporan yang diberi nama “State of The Internet” ini, Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan jaringan paling pesat dibanding negara-negara berkembang lainnya, hal ini membuktikan bahwasanya Indonesia nantinya diharapkan juga dapat bersaing secara kompetitif dengan negara-negara maju.

Setiap kuartal, Akamai menerbitkan laporan “State of the Internet”. Laporan ini merangkum data yang terkumpul dari seluruh dunia oleh Akamai Intelligent Platform mengenai lalu lintas data, pemakaian broadband, konektivitas seluler dan topik-topik lainnya yang berkaitan dengan internet dan pemakaiannya, termasuk tren yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut dan untuk mengakses arsip laporan-laporan, kunjungi www.akamai.com/stateoftheinternet

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again