1. Startup

Kelola Agenda Kegiatan dengan Aplikasi Android Troop

Gencarnya antusiasme  media sosial di Indonesia dimaanfaatkan oleh tim pengembang asal Yogyakarta Cengkaruk Kingdom untuk menghadirkan Troop. Aplikasi ini memudahkan penggunanya menciptakan agenda acara atau pertemuan dengan cepat langsung dari perangkat smartphone mereka. Saat ini Troop telah tersedia untuk platform Android.

Troop merupakan aplikasi kedua besutan Cengkaruk Kingdom yang terdaftar di Google Play Store. Sebelumnya mereka telah memproduksi aplikasi BisaNyoblos untuk meramaikan pesta demokrasi di Indonesia. Dengan aplikasi keduanya ini, Cengkaruk mencoba menjangkau pasar yang lebih serius.

Aplikasi Troop yang masih dalam tahap beta ini dirancang untuk memudahkan pengguna untuk membuat suatu acara dan membagikannya ke para undangan dengan cepat melalui media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Untuk membuat suatu event, pengguna diwajibkan mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu. Opsi login melalui Facebook yang biasa dihadirkan aplikasi untuk mempersingkat proses pendaftaran belum tersedia untuk Troop.

Landing page akan menampilkan daftar troop (istilah yang digunakan aplikasi ini untuk sebuah agenda) yang diurutkan berdasarkan waktu terdekat. Pengguna dapat bergabung dengan suatu troop, mengikuti diskusi, atau melihat daftar para hadirin. Bisa jadi ke depannya, tim pengembang bakal menghadirkan fitur troop privat yang deskripsi dan diskusinya hanya dapat dilihat oleh pengguna tertentu yang diundang.

Aplikasi Troop memiliki empat opsi navigasi di sudut kanan atas layar ditambah satu kolom pencarian agar pelanggan dapat mudah menemukan troop yang mereka cari. Di opsi Appoinment, pengguna dapat melihat agenda troop yang akan didatangi.

Agar tidak ketinggalan suatu diskusi tentang agenda yang berjalan, aplikasi ini menghadirkan fitur notifikasi yang memberikan informasi terkini. Komentar-komentar pengguna lain yang hadir dalam agenda yang sama akan ditampilkan di notifikasi ini.

Pengguna dapat mengganti data pribadi dan biografi singkat lainnya di menu pengaturan. Saya sendiri masih belum menemukan kegunaan username di aplikasi ini, karena saat login di awal pun tetap menggunakan alamat email, ketimbang menggunakan username, untuk mempersingkat proses. Nama yang muncul jika kita menuliskan komentar adalah nama lengkap, bukan username.

Terkait kemampuan sharing, aplikasi ini dapat membagikan sebuah troop ke aplikasi-aplikasi lain yang dimiliki pengguna di perangkat mereka. Untuk itu para undangan harus terdaftar sebagai pengguna terlebih dahulu untuk melihat rincian agenda dan ikut berdiskusi.

Troop memang masih dalam tahap beta, oleh karena itu tidak heran beberapa hal perlu dibenahi agar aplikasi berjalan dengan lancar, termasuk masalah aplikasi yang selalu crash saat melihat profile picture pengguna lain.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

-

Dapatkan pengalaman baru dengan membaca artikel dari DailySocial dan menjelajah internet mobile menggunakan Baidu Browser.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again