1. Startup

Adam Bain: "Indonesia Cinta Twitter dan Twitter Cinta Indonesia"

Baru-baru ini President of Global Revenue and Partnership Twitter Adam Bain berkunjung ke Indonesia dan mengumumkan rencana pendirian kantor Twitter di Jakarta. Terkait dengan rencana ini, Adam mengungkapkan bahwa secara umum Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk paling aktif di media sosial ini. Dalam bahasa bisnis digital, keaktifan penggunaan suatu platform merupakan tolak ukur potensi pendapatan bagi pemilik platform tersebut.

Dalam wawancaranya dengan The Jakarta Post, Adam dengan bahasa yang lugas mengatakan, "Indonesia loves Twitter and Twitter loves Indonesia." Melihat bagaimana antusiasme penggunaan Twitter untuk berbagai kegiatan, dari olahraga hingga politik, pernyataan tersebut tentu tidak salah. Twitter merupakan platform media sosial yang naik daun dan mulai menyaingi popularitas Facebook. Facebook sendiri secara de facto adalah platform online paling populer di Indonesia.

Sebagai contohnya, Adam menyebutkan bagaimana sepanjang Ramadhan tahun ini terdapat sekitar 45 juta tweet yang membicarakan tentang bulan suci tersebut. Adam mengatakan bahwa hal ini merupakan engagement yang sangat baik bagi konsumen di Indonesia dalam menggunakan Twitter dan rencana mereka untuk membuka kantor di Jakarta adalah untuk membantu menyebarkan hal-hal menarik seprti ini dan membantu brand dan bisnis menjadi lebih aktif di platform Twitter.

Saat ditanya tentang bagaimana Twitter mengembangkan bisnisnya di Indonesia, Adam membayangkan memiliki karyawan yang memiliki latar belakang bermacam-macam. Mereka ingin memiliki orang-orang yang bekerja dengan brand dalam berbagai cara, termasuk di dalamnya riset, strategi, atau manajemen akun dalam membantu aktivitas brand. Twitter juga melihat peluang besar dalam bekerja bersama selebritis, misalnya politikus, pemain film, dan musisi, untuk membantu mereka dalam hal strategi pemanfaatan Twitter ataupun bagaimana "memperbaiki" cara mereka menuliskan sebuah tweet.

Sejauh ini Twitter telah membantu Coca Cola dan Intel dalam menjalankan kampanyenya di Indonesia, termasuk dalam bentuk tanya jawab di berbagai topik dan bagaimana berhubungan dengan komunitas teknologi.

Untuk memudahkan adaptasi Twitter di seluruh penjuru Indonesia, Twitter telah memulai kerja sama dengan sejumlah operator telekomunikasi yang memudahkan pengiriman tweet melalui SMS. Dengan mencantumkan sintaks tertentu, konsumen bisa berkomunikasi di Twitter tanpa menggunakan paket data.

Menurut data Business Insider Intelligence, di akhir tahun 2013 ada sekitar 22,2 juta pengguna Twitter di Indonesia. Dengan jumlah pengguna aktif Twitter yang berjumlah 271 juta dan 75% berlokasi di luar Amerika Serikat, adalah hal yang logis jika Twitter makin agresif untuk membuka peluang meraih pendapatan secara global dengan membuka lebih banyak kantor, termasuk di Indonesia.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again