1. Startup

Accenture Rilis Riset Kesiapan Kalangan Bisnis Indonesia Menghadapi Masa Depan Digital

Firma konsultan manajemen dan layanan teknologi Accenture  hari ini merilis riset tentang kesiapan kalangan bisnis Indonesia menghadapi masa depan digital. Riset ini merupakan bagian dari riset serupa di lingkup Asia Tenggara. Kesimpulan yang diambil adalah kalangan bisnis di Indonesia harus memiliki budaya digital (digital culture) agar siap menghadapi masa depan digital.

Riset berbasiskan data dari 6000 konsumen yang disurvei di seantero Asia Tenggara, di mana 1500 di antaranya di ambil di Indonesia. Ada 400 perusahaan pula yang termasuk bagian dari survei, di mana 100 di antaranya berasal dari Indonesia. Survei diadakan bekerja sama dengan TNS. Menurut Julianto Sidarto, Country Managing Director Accenture Indonesia, topik ini diterbitkan di saat yang tepat karena semua pihak sepakat bahwa di tahun 2013 industri digital di Indonesia akan mencapai tingkat kematangan termasuk industri e-commerce yang sudah siap infrastrukturnya.

Beberapa temuan penting berkaitan dengan kondisi digital di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Teknologi mengekspansi dan memperkuat interaksi dan kekuatan komunitas. Dengan modal kultur masyarakat Indonesia yang kekeluargaan dan bukan individualis, teknologi semakin membuat jalinan hubungan terhadap komunitas yang berbasis pada minat ataupun rekomendasi menjadi semakin erat. Untuk memasuki area ini, perusahaan harus mengembangkan kepercayaan dan mempererat hubungan dengan konsumen dalam bentuk kegiatan offline.
  • Tidak cuma soal online, perusahaan yang bergerak di layanan e-commerce masih perlu memiliki representasi ataupun strategi offline. Istilah yang digunakan adalah "bricks with clicks". Sementara itu, menurut data yang diambil dari Frost & Sullivan, pendapatan melalui e-commerce di Indonesia berkembang pesat tapi masih cukup rendah, dengan perkiraan total transaksi di tahun 2015 mencapai angka $650 juta
  • Dalam memanfaatkan media sosial (Facebook dan Twitter) perlu memperhatikan sejumlah hal, yaitu menggabungkan pemasaran online dan offline, melakukan gamifikasi untuk memperkenalkan produknya, memanfaatkan keanggotaan komunitas secara eksklusif.

Untuk itu, Accenture menyarankan lima langkah strategis yang harus diambil pelaku bisnis sekarang juga. Langkah tersebut adalah:

  1. Memastikan bahwa hal digital memiliki dampak yang lebih besar terhadap fungsi bisnis ketimbang sekedar Teknologi Informasi
  2. Melihat lebih jauh terhadap engagement dengan konsumen secara online
  3. Mulai meletakkan perkembangan volume data konsumen ke dalam kegunaan strategis
  4. Mulai menghitung dampak peningkatan pengeluaran di strategi digital
  5. Mengembangkan budaya digital yang menyeluruh di setiap sendi perusahaan
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again