1. Startup

8Villages Jalin Kerja Sama Dengan XL Axiata dan UGM Bangun Program Rumah Pintar Petani

Setelah sukses memboyong teknologinya ke Myanmar pada beberapa waktu lalu, 8Villages startup lokal yang memiliki layanan solusi mobile platform bagi dunia pertanian, secara resmi telah menjalin kerja sama dengan XL Axiata dan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada membangun program Rumah Pintar Petani (RPP). Program yang berpusat di wilayah Jawa Tengah ini dikembangkan untuk menawarkan solusi berbagi informasi antara penyuluh dan petani melalui perangkat ponsel.

Solusi yang ditawarkan merupakan kolaborasi yang cukup apik antara 8Villages, XL Axiata, dan Fakultas Pertanian UGM. Sebagaimana keterangan yang disampaikan dalam siaran pers, sebagai penyedia platform, 8Villages “bertugas” untuk menyajikan konten yang tepat bagi petani dengan dukungan konten yang dibantu oleh pihak Fakultas Pertanian UGM. Sementara itu XL Axiata bertindak sebagai penyedia infrastruktur teknologi informasi.

“Petani saat ini kekurangan informasi untuk pekerjaan mereka sehari-hari. Harapannya tentu adalah akan semakin banyak petani yang dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan taraf hidup mereka,” ujar Anita Hestiaswin, General Manager dan Country Head 8Villages Indonesia yang dikutip dari keterangan pers.

Program RPP sendiri menargetkan pembinaan dan penyuluhan bagi sekitar 6.000 petani. Penyuluhan yang diberikan berfokus dalam sosialisasi pemanfaatan teknologi terkini untuk mempercepat pertukaran informasi antara penyuluh dan petani. Pertukaran informasinya sendiri salah satunya dilakukan dengan teknologi SMS yang tentu bisa dinikmati oleh seluruh pengguna ponsel fitur yang notabene digunakan oleh hampir seluruh masyarakat kelas bawah di mana kaum petani berada.

"Program ini sekaligus sebagai implementasi komitmen kami menggalakkan penerapan teknologi informasi sebagai sarana meningkatkan kinerja masyarakat di berbagai bidang. Kami berharap, program ini juga bisa secara nyata ikut meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” kata Herwinto Sutantyo, Head of M-Advertising XL Axiata seperti yang dikutip dari pemberitaan Tribunnews (2/9).

Secara singkat, pendaftaran program RPP dibuat sedemikian mudah. Petani cukup mendaftarkan diri lewat SMS dengan mengetik sandi IKUTI (spasi) RPP dari nomer ponsel XL dan kirim ke nomor 2000, setelah itu pendaftaran akan selesai secara otomatis dan petani bisa langsung berinteraksi sekaligus memperoleh informasi seputar dunia pertanian.

Kemudahan tersebut juga disampaikan oleh Sanny Gaddafi selaku co-founder dan CTO 8Villages sebagai kemudahan yang dapat menjangkau para petani yang sebagian besar berada di segmen pasar paling bawah. “Sudah saatnya bagian dasar dari piramida bisa mendapatkan keuntungan dari akses informasi dan komunitas yang kita bangun,” ucap Sanny yang juga dikenal sebagai sosok di balik Fupei.

Melalui kerja sama ini, 8Villages kembali menunjukkan kualitasnya sebagai sebuah startup yang berani mengincar pasar yang tak dominan untuk bisa sukses dan bahkan merangkul potensi yang mendatangkan kemajuan bisnis.

Tak salah jika langkah yang dilakukan 8Villages ini bisa dianggap sebagai sebuah upaya untuk memperkuat basis pengguna di Indonesia, sebelum akhirnya rencana 8Villages untuk mengekspansi layanannya di berbagai negara di Asia Tenggara bisa terealisasi. Tak tertutup kemungkinan pula di negara lain 8Villages akan menjalin kemitraan yang sama seperti pada program RPP ini. Kita nantikan saja kiprah 8Villages di masa mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again